Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

8 Cara Jitu Mengatasi Google Play store yang eror: Telah berenti (Force Closing)

Google playstore (android market) adalah tempat yang disediakan google, untuk mendownload beragam aplikasi dengan banyak kategori. dengan banyaknya aplikasi yang bertambah di google playstore, tidak sedikit sering ditemukannya masalah pada playstore.

jumlah aplikasi di playstore
Sebagai pengguna android pasti kamu pernah mengalami masalah pada Google Play Store, entah itu eror saat mendownload aplikasi, google playstore crash atau nge-hang, bahkan tidak mau terbuka.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi eror pada Google playstore, eror dan faktor tersebut akan kita bahas beserta solusinya untuk memperbaiki google playstore kamu,

berikut kita ulas satu persatu cara memperbaiki aplikasi playstore yang eror

#1. Cek tanggal dan waktu di android kamu, apa udah benar?

Sama halnya dengan aplikasi whatsapp yang mengharuskan sync dengan watku dan tanggal yang tepat, google playstore pun sama, google mengecek android kamu saat ingin menggunakan Playstore.

Jika playstore tidak bisa memverifikasi tanggal yang benar maka bisa mengakibatkan beberapa permasalahan, server google menjadi tidak bisa sinkronisasi dengan perangkat android kamu yang mengakibatkan eror pada playstore

Caranya:
  • Buka Pengaturan>pilih tanggal dan waktu> pilih tanggal dan waktu otomatis
Jika android kamu sudah menggunakan otomatis waktu dan tanggal tetapi google playstore masih eror, jangan khawatir, masih banyak solusi lainnya untuk mengatasi eror pada google playstore kamu.

#2. Cek koneksi internet kamu

Eror pada Playstore juga bisa diakibatkan dari koneksi internet kamu, beberapa eror diakibatkan oleh koneksi jaringan internet yang jelek.

Untuk memperbaikinya kamu hanya perlu matikan  mobile data sebentar kemudian nyalahkan kembali, jika masih eror, coba gunakan internet dari wifi.

begitupun sebaliknya jika playstore kamu eror menggunakan wifi, coba gunakan internet dari mobile data

#3. Bersihkan cache google playstore

Sudah bukan menjadi rahasia, kamu dapat dengan mudah memperbaiki aplikasi eror apapun dengan cara menghapus cache, begitu pun dengan google playstore yang eror, hanya dengan clear cache apps playstore.

Memperbaiki Google play store eror

Cache pada aplikasi adalah tempat penyimpanan sementara data sehingga dapat dibuka cepat tanpa perlu secara langsung memuat ulang.

Caranya:
  • Pertama buka Pengaturan> Aplikasi, Semua Aplikasi > Google Play Store kamu akan menemukan menu Clear Cache, pilih clear cache.

Setelah melakukan ini, coba buka kembali google playstore kamu dan lihat apakah sudah tidak eror? jika masih terdapat eror coba solusi selanjutnya
Baca juga : Apakah Hp Android Perlu Antivirus? Berikut Jawaban Pengamat Keamanan Android

#4. Bersihkan data di google playstore

menghapus data dari google playstore tidak sama dengan menguninstalnya, hanya saja cuman menghapus data yang tersimpan seperti informasi aplikasi yang sudah kamu instal dll, dan dengan cara ini mudah-mudahan juga menghapus eror yang menyebabkan google plyastore kamu eror

harap diingat ketika kamu melakuakan penghapusan data playstore maka file, pengaturan, account adn informasi pada google playstore akan ikut terhapus, pastikan kamu mengingat password akun google kamu, untuk nantinya kembali login di playstore.

Caranya:
  • Pertama buka pengaturan> Aplikasi, Semua Aplikasi> Google Play Store, Pilih Clear data (disebelah clear cache)


#5. Bersihkan cache dan data pada Google play Services.

memungkinkan jika eror pada playstroe disebabkan oleh masalah pada google play services, karena google play services saling terhubung dengan playstore dan android kamu.

google play service adalah aplikasi yang berjalan latar belakang, playservices ini berfungsi untuk saling terhubung antara aplikasi dengan perangkat android kamu, seperti sync, atau push notification

jika membersihkan cache dan data pada google playstore tidak berhasil, kamu bisa mencobanya dengan menghapus cache dan data pada apps google play services

Caranya:
  • Pertama buka pengaturan> Aplikasi, Semua Aplikasi> Google Play services, Pilih Clear cache, kemudian pilih clear data.

#6. Uninstal update sebelumnya pada google playstore (previous updates)

sudah menjadi kebiasaan, ketika kamu memiliki eror pada aplikasi android, pasti kamu akan menguninstalnya yang kemudian di instal lagi, 

untuk beberapa aplikasi cara ini mungkin ampuh, tapi tidak dengan google playstore, karena Google playstore adalah aplikasi sistem pada android, jadi kamu tidak bisa menguninstalnnya, hanya terdapat pilihan untuk menghapus update sebelumnya.

nah jika pada versi sebelumnya google playstore kamu tidak eror, silahkan gunakan "hapus update sebelumnya"

Caranya:
  • Buka Pengaturan> Aplikasi, semua aplikasi> Google Play Store, kemudian tekan tombol "Uninstall updates"

#7. Update google playstore ke versi terbaru

solusi lainnya jika cara diatas belum berhasil, kamu bisa mengupdate google plystore  dan google play services kamu ke versi terbaru. Karena versi terbaru dari google playstore dan play services lebih stabil dan sudah mendapat beberapa update di aplikasinua. jadi berguna untuk tetap uptodated

pertama kamu haus memastikan kalau versi google playstore kamu itu versi terbaru, buka pengaturan aplikasi lalu lihat versinya.

#A. auto update via wifi (direkomendasikan)
  1. Caranya buka aplikasi google playstore kamu kemudian tap menu play store (icon garis bertumpuk), 
  2. kemudian pilih setting (pengaturan) dan dibawah tab general kamu akan melihat "auto-update app" 
  3. pilih auto-update apps over wi-fi only. 

jadi jika ada update tersedia, google playstore akan otomatis mungupdate saat terkoneksi dengan wifi

#8. update aplikasi google play services ke versi terbaru

sedangkan untuk mengupdate aplikasi google play services hanya bisa dengan menginstal aplikasii apknya dari luar,
  • pertama kamu harus menguninstal play services terlebih dahulu, kemudian download play service versi terbaru disini Google play services terbaru

apakah solusi diatas berhasil memperbaiki google paystore kamu yang eror? silahkan tulis dikomentar jika ada yang ingin ditanyakan. terima kasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita