Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Apa Itu MOBA? Apa Bedanya dengan RPG dan MMORPG, Gamer Wajib Tahu

Apa Itu MOBA? Apa Bedanya dengan RPG dan MMORPG, Gamer Wajib Tahu - Game saat ini tidak hanya bisa dimainkan seorang diri saja (istilah dalam game: single player), banyak game saat ini yang dibuat agar bisa dimainkan bersama teman secara online, salah satunya yaitu genre MOBA.

Mungkin banyak yang tahu salah satu game MOBA yaitu DotA 1, 2, 3...iyap game DotA ini khusus desktop PC...

Istilah MOBA kembali booming lagi ketika game MOBA rilis untuk smartphone. Game Mobile Legend ini menjadi game moba pertama smartphone yang digandrungi, disusul oleh Mobile Arena...

Kamu pasti pernah melihat meme MOBA kok analog? tapi sebelumnya, apakah kamu tau apa itu MOBA?

apa itu game moba

Secara singkat MOBA adalah


MOBA adalah Kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena, Juga dikenal sebagai action real-time strategy (ARTS), yang merupakan game strategi yang berasal dari subgenre  Real-time strategy (RTS).

Baca juga : Hati-hati download game tiruan di playstore, beberapa ditemukan virus

Secara lengkap Moba adalah


Kepanjangan game MOBA : Multiplayer Online Battle Arena adalah game strategi yang berasal dari subgenre Real-time strategy (RTS). Yaitu pemain yang mengkontrol single karakter di dalam satu atau dua tim,

Dengan gameplay yaitu dua tim lawan yang tujuannya menghancurkan basis musuh mereka untuk menang, meskipun beberapa pertandingan memiliki pilihan untuk kondisi kemenangan yang berbeda.

Setiap tim biasanya terdiri dari lima pemain. Biasanya, ada satu struktur utama yang harus dimusnahkan untuk bisa menang; Menghancurkan struktur lain di dalam basis tim lawan juga bisa memberi keuntungan lain.

Struktur defensif ada untuk mencegah hal ini, dan juga unit komputer terkontrol yang relatif lemah yang secara berkala respawn di setiap basis dan melakukan perjalanan menyusuri jalan yang telah ditentukan menuju basis tim lawan.

Biasanya ada 3 "jalur" yang merupakan cara utama untuk mendapatkan dari satu basis ke basis yang lain; Di antara jalur adalah area yang belum dipetakan disebut "hutan."

Seorang pemain mengendalikan satu unit tokoh karakter kuat yang umumnya disebut 'Hero'. Ketika seorang hero berdiri di dekat unit musuh yang terbunuh atau membunuh unit musuh, ia mendapatkan poin pengalaman yang memungkinkan sang hero naik level.

Ketika tingkat hero naik, ia memiliki kemampuan untuk memperkuat kemampuannya, yang biasanya memiliki empat. Ketika seorang hero mati, ia harus menunggu waktu yang ditentukan, sampai ia bangkit di basis tim.

Apa itu Moba
Salah satu Hero di Mobile Legend

Hero biasanya dibagi menjadi beberapa peran, seperti tanking, damage-dealing, atau healing & support. Setiap hero unik, dengan kemampuannya sendiri sehingga tidak sama dengan karakter lain. Tidak ada hero yang pernah (cukup kuat) untuk memenangkan pertandingan tanpa dukungan dari tim mereka. Hal ini menciptakan penekanan kuat pada kerja tim dan kerja sama.

Setiap pemain biasanya menerima sejumlah kecil emas per detik selama pertandingan berlangsung. Jumlah emas dalam jumlah sedang dihargai karena membunuh unit komputer yang dikendalikan dan jumlah yang lebih besar dihargai karena membunuh hero musuh.

Emas digunakan oleh para hero untuk membeli berbagai item berbeda yang harganya dan dampaknya beragam. Untuk sebagian besar, ini melibatkan peningkatan kelangsungan hidup hero.

Banyak strategi yang bisa digunakan pemain seperti untuk mendapatkan keuntungan. Strategi ini bisa mencakup tujuan pengamanan, membunuh hero musuh dan bertani emas dengan membunuh A.I. Unit. Semakin kuat sebuah tim, semakin kuat juga mereka menghancurkan tim musuh dan basis mereka.


Awal Mula Genre Game MOBA


Genre MOBA sebagian besar dimulai dengan Aeon of Strife (AoS), sebuah peta khusus untuk StarCraft di mana empat pemain masing-masing mengendalikan satu unit kuat dan dibantu oleh unit komputer yang dikontrol lemah diletakkan di atas komputer yang lebih kuat.

Defense of the Ancients (DotA), sebuah peta yang didasarkan pada Aeon of Strife for Warcraft III: Reign of Chaos and The Frozen Throne, adalah salah satu judul utama pertama dari genre dan MOBA pertama yang disponsori turnamen.

Kemudian di ikuti oleh League of Legends (LoL) dan Heroes of Newerth (HoN), dan akhirnya sebuah sekuel, Dota 2, serta banyak game lainnya Seperti Mobile Arena dan Mobile Legend


Tipikal Map Game MOBA

apa itu MOBA

Peta tipikal genre game MOBA. Garis kuning adalah "jalur" di mana tindakan difokuskan; Titik biru dan merah adalah "menara / menara" defensif yang membela mereka; Lingkaran seperempat berwarna terang adalah basis tim; Dan sudut biru dan merah adalah struktur yang kehancurannya dapat mengklaim kemenangan.

Apa Bedanya MOBA dengan RPG dan MMORPG


RPG merupakan genre game dengan gameplay yaitu menjalani serangkaian cerita objective, dengan seorang tokoh custom atau tertentu.

sedangkan MMORPG merupakan genre game dengan gameplay sama seperti RPG tapi bermain secara multiplayer online (online beramai-ramai) dengan masing-masing player memerankan peran yang berbeda. Misal,  si A jadi Swordman, lalu si B jadi Archer lalu si C jadi Monk, dan seterusnya....

Nah... Kalau MOBA itu bisa dibilang Gabungan dari RPG dan MMORPG, hanya saja gameplaynya tidak untuk menyelesaikan suatu cerita objective, melainkan Battle Arena, yaitu arena tempur untuk melawan 1 atau lebih tim secara online.

Demikian artikel tentang apa itu Game MOBA... Semoga bermanfaat..

Refrensi : https://www.wikipedia.org/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita