Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Apa Saja Jenis, Harga, Macam Batu Akik?

Jangan ngaku orang Indonesia jika gak tahu batu permata. Setidaknya anda pernah mendengar jenis batu mulia seperti batu Akik Bacan, batu Giok atau batu Merah Delima. Saya bukan ahligemstone alias orang yang paham dunia perbatuan. Bukan juga ingin ikut trend jualan batu akik. Saya cuma tertarik mengintip bisnis batu mulia. Dan penasaran dengan PNS yang dihimbau pakai batu cincin permata. Jujur, hari pertama perkenalan saya jadi guru honorer di sebuah SMK, saya diajak oleh teman PNS ke pasar tradisional untuk melihat batu akik 😆 Hebat pengaruh batu Akik ?

Berapa Harga Batu Akik Termahal?

batu-akik-bacanBagi pemburu batu mulia, kolektor atau sekedar hobi, pasti paham seluk beluk gemstone. Aneka jenis, model, harga, nama batu, manfaat dan khasiat batu cincin ini pasti sudah hafal diluar kepala. Dengan fasih mereka bisa menjelaskan beda batu akik bacan, batu kalimaya, batu zamrud, batu kecubung, batu pirus, batu ruby, hingga batu blue safir.
Orang awam seperti saya tidak terlalu paham perbedaannya. Yang saya tahu cuma batu permata itu unik, warnanya menakjubkan, dan paling pas untuk cincin. Kalau ditanya harga saya gak ngerti. Pernah suatu hari, iseng tawar menawar di pasar tradisional ternyata 10 ribu pun dikasi. 
Tapi jika mampir ke pameran batu akik, anda akan terkesima melihat ribuan jenis batu permata. Para pecinta batu akik dengan cekatan menaksir harga untuk melengkapi koleksinya. Trus, berapa harga batu akik termahal? Bukan yang 100 ribuan atau 1 jutaan. Tapi pasarannya mulai merambah ke 200 juta hingga milyaran rupiah. Wow… kaget kan? Jual 1 batu akik saja bisa beli rumah. :-)

Jenis dan Macam-Macam Batu Akik

Ada banyak jenis dan macam-macam batu akik. Setiap batu punya karakter, ciri khas dan nama tersendiri. Mari kita lihat jenis dan macam-macam batu akik dengan lebih dekat.
  • Batu Bacan

    jenis-batu-bacanBatu Bacan merupakan jenis batu mulia alias batu akik khas Indonesia. Batu bacan asli Indonesia berasal dari pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara.
    Jenis batu Bacan yang paling banyak dicari adalah batu Bacan Palamea dan batu Bacan Doko. Perbedaan dari kedua jenis batu bacan ini terletak pada warnanya. Dan ada satu lagi jenis batu Bacan yaitu Batu Bacan Obi.
    Ciri khas batu Bacan Palamea mempunyai warna hijau kebiru-biruan. Proses kristalisasi pada batu bacan Palamea agak lambat dibandingkan jenis batu bacan lainnya. Sedangkan batu Bacan Doko memiliki warna hijau pekat atau hijau tua. Proses kristalisasi batu Bacan Doko akan merubah batu jadi bening menyerupai warna hijau cincau. Jenis batu Bacan Obi ini memiliki warna beragam. Bedanya dengan Palamea dan Doko adalah Batu Bacan Obi ini tidak bisa berubah warna.
  • Batu Kalimaya (Opal)

    Jenis-Macam-Macam-Batu-Kalimaya-OvalBatu Opal di Indonesia dikenal dengan istilah batu Kalimaya. Batu Kalimaya banyak ditemukan di Australia, Meksiko, Turki, Brasil. Sedangkan di Indonesia,  batu Kalimaya ini banyak ditemukan wilayah Maja, Lebak Banten. Batu Opal atau Batu Kalimaya merupakan jenis batu mulia yang paling banyak dicari pecinta batu maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi.
    Coba saja perhatikan pancaran warna-warni dari batu kalimaya. Orang awam yang baru mengenal batu mulia sekalipun pasti akan tertarik melihat pesona batu Kalimaya ini.Pemberian nama batu Kalimaya biasanya tergantung dari warna dasarnya. Batu Kalimaya Black Oval mempunyai warna dasar hitam. Sedangkan batu kalimaya Teh, warna dasarnya cokelat seperti teh. Batu Kalimaya Susu warna dasarnya mirip air kelapa atau putih susu. Lalu dinamakan batu kalimaya kristal karena tidak punya warna dasar alias bening seperti kristal tapi tetap ada pancaran warna-warni khas kalimaya.
  • Batu Giok (Jade)

    Batu-giok-asliNama batu Giok memang tidak asing lagi, bahkan di telinga orang awam sekalipun. Di Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, dan popularitasnya makin menanjak. Saya sendiri tahu batu giok dari pedagang keramik dan guci Cina. Keindahan batu Giok tak pernah diragukan lagi dan sangat cocok dijadikan perhiasan, mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Ciri khas batu Giok alias Jade ini adalah warna hijaunya.
    Jenis batu Giok biasanya dibedakan dari tingkat kekerasannya. Untuk batu Giok kwalitas A paling mahal dengan tingkat kekerasan paling tinggi. Jika dipukul akan mengeluarkan suara tinggi dan nyaring. Lalu ada yang kwalitas B dan C, dimana semakin turun kwalitasnya maka suaranya tidak senyaring yang kwalitas A.
    Batu Giok di China juga dipercaya sejak ribuan tahun sebagai batu yang bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Selain itu batu Giok juga diyakini bisa menyelaraskan energi positif yang berada di dalam tubuh, membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.
  • Batu Merah Delima (Ruby)

    Batu-ruby-merah-delimaBatu Ruby sering juga disebut batu merah delima karena warna merahnya mirip dengan biji buah delima. Batu merah delima termasuk batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Sebenarnya batu Ruby memiliki variasi warna merah muda hingga merah tua atau merah darah (pigeon blood). Jika diukur tingkat kekerasannya sangat tinggi yaitu sekitar 9.0 skala mohs atau satu tingkat dibawah berlian atau intan.
    Walaupun terlihat sama, ternyata ada yang membedakan jenis batu Ruby dengan Batu Merah Delima dari persepsi ghaib. Banyak yang percaya bahwa Batu Akik Merah Delima adalah jenis batu mulia yang berasal dari alam ghaib. Sedangkan batu Ruby adalah batu permata yang diperoleh dari hasil penambangan. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian. Bahkan secara mistis, batu merah delima ini dipercaya untuk melindungi diri dari guna-guna, pelet dan santet. Selain itu tingkat kejernihan batu merah delima juga menjadi faktor penting penentu harga.
  • Batu Blue Safir (Sapphire)

    batu-blue-safir-sapphireDari namanya saja bisa diketahui kalaubatu Blue Safir ini identik dengan warna biru. Walaupun sebenarnya jenis batu safir ini tidak selalu biru. Batu safir ada yang berwarna kuning, ungu, oranye, bening, bahkan hitam. Tapi memang yang paling banyak dicari adalah batu Blue Safir yang berwarna biru. Pada umumnya warna batu Blue Safir ini adalah warna biru pekat, jika dilihat dari jauh jadi biru kehitaman.
    Batu Blue Safir asli berasal dari Srilanka, Birma, Myanmar, Rusia, Thailand, dan Afrika. Sedangkan Indonesia sendiri, batu Blue Safir kebanyakan ditemukan di Kalimantan dan Jawa Tengah. Hampir mirip dengan batu ruby merah delima, batu Blue Safir terbaik memiliki tingkat kekerasan tinggi 9.0 mohs. Hampir 1 tingkat dibawah batu intan atau berlian.
Nah, selain batu Bacan, batu Kalimaya (Opal), batu Giok (Jade), batu Merah Delima (Ruby), dan batu Blue Safir (Sapphire), masih banyak lagi macam-macam batu mulia lainnya. Ada batu Zamrud (Emerald), batu Kecubung (Amethyst), batu Piruz (Turquoise), batu Topaz, batu Biduri Bulan (Moonstone), batu Sulaiman, batu mata kucing, batu Sungai Dareh, dan banyak lagi. Setelah mengenal macam-macam batu akik, apakah anda tertarik untuk menjadi kolektor batu Akik?
macam macam harga, batu akik bacan, aneka akik bacan, jenis batu dan harga pasarannya, macam batu akik, jenis batu akik dan harga pasarannya, m
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita