Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Arti, fungsi, sejarah, jenis dan istilah-istilah blog

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠّﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢِ
ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪ


blog-logoArti, fungsi, sejarah, jenis dan istilah-istilah blog. Sebelum memulai dan memutuskan membuat atau membangun sebuah blog, alangkah baiknya kita kenali atau ketahui terlebih dahulu arti, fungsi, manfaat serta kerugiannya. Dari pengalaman, cerita serta informasi yang Ane dapati, tak sedikit pengelola sebuah blog (blogger) yang jatuh bangun, bahkan berhenti ditengah jalan dengan berbagai alasan. Sebenarnya kondisi seperti ini tak perlu terjadi jika kita memahami & menyadari arti, manfaat & kerugian, serta maksud dan tujuan dari blog itu sendiri. Lantas, apa sih arti, definisi & fungsi blog itu sebenarnya? Apa pula manfaat & kerugiannya? Kenapa juga harus ngeblog?

Menurut Wikipedia; BLOG merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sedangkan menurut pendapat ahli & pengguna blog itu sendiri yang Ane kutip dari berbagai sumber, blog adalah:


arti-blog

①.Sebuah weblog adalah hirarki teks, gambar, objek media & data, yang tersusun secara kronologis, dan dapat dilihat dalam browser HTML.
②.Sebuah publikasi kronologis yang sering tentang pikiran seseorang dan dalam bentuk link Web.
③.Sebuah weblog adalah sejenis tur berkesinambungan dengan bimbingan manusia yang anda tahu. Ada banyak bimbingan yang bisa dipilih, dan semuanya mengembangkan audiens, dan ada hubungan pertemanan dan politik antara pengelola blog yang saling menunjuk dan semuanya dalam bentuk struktur, grafik, alur, dan lainnya.
④.Sebuah blog adalah situs web yang item diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Istilah blog adalah singkatan dari weblog atau web log. Sebuah blog biasanya terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan link (ke halaman web dan video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi dengan gaya percakapan. Seringkali blog fokus pada “wilayah kepentingan” tertentu, seperti; politik yang sedang berkembang, dan ada juga beberapa blog yang isi tulisannya menceritakan perjalan hidup sehari-hari & pengalaman pribadi.
⑤.Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Blog umumnya diperbaharui secara teratur; bisa sepekan sekali, dua kali, atau tiga kali, bahkan setiap hari (tergantung penulis/pengelola blognya) menggunakan software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tidak ada latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog. Posting di blog ini hampir selalu diatur dalam urutan cronological terkini dengan penambahan fitur yang paling menonjol. Menulis dalam sebuah blog hampir selalu dalam urutan kronologis dengan penambahan fitur yang paling terkini & paling menonjol.
⑥.Blog biasanya ditulis oleh satu orang dan diperbarui secara berkala. (meskipun tidak selalu, karena sekarang banyak juga blog yang ditulis secara berkelompok/oleh banyak orang). Blog seringkali (tetapi tidak selalu) ditulis mengenai topik tertentu, namun rata- rata blog ditulis mengenai beragam topik. Mulai dari fotografi, curahan hati, berita-berita terkini, artikel rohani, hingga sebagai media promosi, atau bahkan sekedar menyalurkan hobi. Blog umumnya dilengkapi beragam aplikasi & fitur yang berfungsi meningkatkan kualitas suatu blog, diantaranya: voting, arsip, komentar, label atau kategori, feeds, dan sebagainya.

Dari keterangan diatas mengenai arti serta definisi blog yang di ulas secara umum maupun terperinci/teknis, kiranya dapat Ane simpulkan bahwa arti & definisi blog secara garis besar yaitu; Blog adalah sebuah wadah sosialisasi melalui media internet yang berisikan gagasan atau pemikiran seseorang ataupun kelompok yang dituangkan dalam sebuah tulisan berupa pengetahuan, pengalaman, atau perjalanan hidup yang tersusun secara teratur dengan dukungan beragam aplikasi & dilengkapi link-link, file, gambar serta keterangannya yang menjadikannya daya tarik -- menarik, sehingga tercipta komunikasi serta interaksi antara pengelola & pembaca (pengunjung).

Setelah kita mengenal, tahu, mengerti & memahami arti atau definisi blog, langkah selanjutnya adalah mempelajari & mengenal istilah-istilah, sejarah, jenis, fungsi, serta manfaat & kerugian blog.

Berikut penjelasannya:

Sejarah & fungsi blog
Sejarah blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 silam. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi, promosi, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Umumnya blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, tapi ada juga yang dikelola oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan. Namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Jenis-jenis blog

①.Blog umum (general)
Blog yang isi atau tulisannya tak terpaut pada satu topik atau pembahasan saja.
②.Blog pribadi
Blog seperti ini merupakan blog yang pengelolaannya dilakukan secara perorangan, dan hampir seluruh isi atau tulisan yang diterbitkannya berdasarkan pengalaman & perjalanan hidup sehari-hari. Biasanya berupa keluhan, kekesalan, gagasan, saran & kritikan, syair, puisi, serta curahan hati. Maka tak heran, jika blog seperti ini sering disebut sebagai buku harian online.
③.Blog bertopik
Blog yang isi atau tulisannya, fokus pada pembahasan tertentu. Contohnya tentang kesehatan, sastra, musik, perjalanan (traveling), mode atau fashion, hukum, agama, pendidikan, dan lainnya.
④.Blog kebersamaan
Blog yang dikelola oleh kelompok atau komunitas tertentu dan berisi topik lebih spesifik.
⑤.Blog petunjuk (directory)
Blog yang berisi kumpulan atau beragam link halaman website/blog.
⑥.Blog bisnis
Merupakan blog yang dimanfaatkan oleh seseorang atau kelompok untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
⑦.Blog pengejawantahan
Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing dan lainnya.
⑧.Blog perusak/pengganggu
Biasanya digunakan untuk merusak, menyebarkan virus & sejenisnya, atau promosi bisnis affiliate secara curang. Blog seperti ini dikenal sebagai splogs (spam blog).
⑨.Blog media
Blog yang isi atau tulisannya menitik beratkan pada pembahasan berbagai macam informasi


istilah-istilah-blog

Istilah-istilah blog

[1].Atom
Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom berfungsi untuk mempermudah seseorang/pengunjung mendapatkan update artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada artikel/posting baru.
[2].Blogger
Sebutan bagi Pengelola/Pemilik atau penulis suatu blog. Blogger jug merupakan nama komersil platform dan hosting blog gratis milik google (yang lebih dikenal dengan nama blogspot).
[3].Blogging
Kegiatan atau aktifitas yang dilakukan dalam dunia Blog. Istilah ini juga dikenal dengan sebutan lain, yakni Ngeblog.
[4].Blogroll
Merupakan Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya. Namun saat ini semakin sedikit blog yang menampilkan Fitur ini.
[5].Backlink
Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs.
[6].Blogwalking
Kegiatan/aktifitas saling berkunjung & berkomentar antar sesama blogger. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai sarana promosi atau mencari backlink.
[7].Comments
Suatu fitur yang dimiliki hampir semua platform blog yang memungkinkan pembaca/pengunjung untuk mengomentari suatu tulisan/postingan yang diterbitkan oleh sebuah blog. Fitur inilah yang membuat blog menjadi sebuah media percakapan langsung & telah menjadi salah satu faktor kesuksesan blog di dunia internet.
[8].Comments SPAM
Komentar yang ditulis dengan tujuan semata-mata hanya untuk mendapatkan backlink & diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog atau pihak yang menuliskan komentar spam tersebut.
[9].CSS
Cascading style sheet atau yang lebih dikenal dengan sebutan CSS, merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web/blog sehingga akan lebih terstruktur & serasi. Keunggulan CSS yaitu memungkinkan kita untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi yang sama (file CSS).
[10].Captcha
Merupakan kependekan dari Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers and Humans Apart. Yaitu suatu program pelindung blog/situs dari robot penyebar spam. Biasanya terdiri dari beberapa huruf atau karakter yang rumit atau aneh yang hanya bisa dibaca oleh manusia.
[11].Dashboard
Merupakan fitur utama yang dimiliki semua platform blog. Fungsi dari fitur ini (DASHBOARD) antara lain membuat atau mengedit artikel/postingan, comments, mengatur tata letak, mengedit atau menambahkan widgets, html, javascript lainnya.
[12].Duplicat content
Secara umum, Duplicate content adalah isi atau content pada suatu blog/situs yang memiliki kesamaan atau hampir mirip antara satu dengan lainnya, baik yang terkait dengan blog/situs itu sendiri maupun yang terkait dengan blog/situs lain. Duplicate content yang terkait dengan blog/situs lain, biasanya berupa artikel/tulisan yang di copy paste. Sedangkan Duplicate content yang terkait dengan blog/situs itu sendiri , antara lain adanya kesamaan atau kemiripan judul atau halaman.
[13].Followers
Ialah sebutan untuk orang atau blogger yang mengikuti blog lain. Biasanya alasan utama seorang blogger mengikuti blog lain adalah karena memiliki kesamaan tema (konten), visi & misi dan lainnya. Ada juga karena ingin menjalin silahturahim & persahabatan antar blogger. Atau, bahkan hanya sekadar mencari backlink.
[14].Googling
Merupakan satu istilah yang ada dalam dunia internet atau blog yang mungkin hanya ada di Indonesia. Yaitu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan seorang blogger atau pengguna internet untuk mencari/mendapatkan informasi ataupun file/dokumen melalui mesin pencari google.
[15].JavaScript
Adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. Sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan khusus untuk browser atau halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup.
[16].Posting
Posting adalah kegiatan/aktifitas memperbarui materi artikel/tulisan atau file/dokumen dalam sebuah blog.
[17].Pagerank
Pagrank adalah Algoritma yang diciptakan oleh Larry page dan Sergey brin untuk menentukan situs mana yang lebih penting atau populer di mata mesin pencari, Google. Pagerank di ukur dengan satuan Angka dari 0 -10.
[18].SEO
Menurut Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
[19].Social Bookmarking
Social bookmarking adalah layanan web yang disediakan bagi pengguna internet untuk menyimpan, mengatur, mencari dan membagikan halaman situs yang dianggap bermanfaat atau favorit kepada pengguna internet lainnya. Biasanya, oleh sebagian blogger situs social bookmark seringkali dimanfaatkan untuk mendapatkan atau meningkatkan jumlah pengunjung, yaitu dengan cara men-submit artikel ke berbagai situs social bookmark.
[20].White Hat SEO
Suatu teknik atau upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster atau blogger untuk mengoptimalisasi web atau blog mereka dengan cara legal, sesuai peraturan (TOS) yang ditetapkan mesin pencari, seperti Google. Kebalikan dari teknik ini adalah Black Hat SEO.
[21].XML
Merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, yaitu sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan dimanfaatkan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.

Istilah-istilah diatas hanyalah sebagian dari istilah-istilah yang biasa digunakan dalam dunia blog. Mudah-mudahan istilah-istilah ini bisa kita bahas lebih jelas dalam pertemuan-pertemuan berikutnya. Dan sampai disini dahulu pembahasan tentang Arti, fungsi, sejarah, jenis dan istilah-istilah blog.

Insya Allah dalam pertemuan kita berikutnya, akan dilanjutkan dengan pembahasan tentang Manfaat & kerugian ngeblog.


ﻭَ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita