Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Cara membuat blog yang berkualitas & seo friendly

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
kualitas-blogCara membuat blog yang berkualitas & seo friendly. Salam sejahtera. Alhamdulillah pada hari ini bisa posting lagi. Untuk kesempatan kali ini, Ane akan melanjutkan artikel yang di muat beberapa waktu lalu. Oleh karena itu sebelum membaca artikel kali ini, alangkah baiknya baca juga artikel Arti, fungsi, sejarah, jenis, dan istilah-istilah blog dan Manfaat dan keuntungan serta kerugian ngeblog karena saling berkaitan. Dan untuk kali ini, temanya adalah bagaimana cara membuat blog yang berkualitas & seo friendly.

Berikut penjelasannya:

①.Maksud & tujuan
Sebelum memutuskan untuk membuat blog, alangkah baiknya terlebih dahulu menentukan maksud & tujuan membuat blog. Hal ini sangatlah penting untuk perkembangan blog kita kedepannya nanti.


②.Memilih layanan blog
Setelah kita menentukan dan memahami maksud & tujuan membuat blog, langkah berikutnya adalah memilih atau menentukan layanan (wap-web blog builder) blog yang akan kita gunakan. Saat ini banyak sekali layanan (wap-web blog builder) blog yang bisa kita gunakan, dari yang berbayar sampai yang gratisan. Untuk yang berbayar silahkan googling atau cari sendiri ya! tapi usahakan yang servernya memiliki loading yang cepat dan jangan lupa gunakan template atau css yang ringan & seo friendly. Sedangkan untuk yang gratisan adalah sebagai berikut:

-blogspot
-wordpress
-mywapblog
-blogdetik
-weebly
-jimdo

Sebenarnya masih banyak layanan yang lain, namun yang disebutkan diataslah yang banyak dikenal & paling sering muncul di mesin pencari. Silahkan tentukan pilihan sesuai kebutuhan & kemampuan yang dimiliki. Khusus untuk pengguna handphone sangat disarankan untuk memilih MYWAPBLOG, karena selain ramah mesin pencari, MYWAPBLOG mudah dikelola melalui handphone & yang pasti gratis.

③.Judul & tema
Setelah menentukan maksud & tujuan membuat blog, langkah selanjutnya adalah menentukan Tema & judul blog. Peranan tema & judul pada suatu blog sangatlah penting. Oleh karena itu sebelum membuat blog, tentukan dahulu tema & judulnya. Usahakan tema yang akan kita kelola (buat) sesuai kesukaan, pengetahuan & kemampuan yang kita miliki. Hal ini agar kita lebih fokus & memudahkan langkah kita selanjutnya dalam mengelola blog.

kualitas-blog

④.Konten
Setelah kita menentukan judul & tema blog, langkah selanjutnya adalah membuat atau menentukan konten (isi blog) kita. Buatlah konten yang berkualitas & unik atau semenarik mungkin. Usahakan konten yang kita buat adalah asli buatan kita sendiri, bukan hasil copy paste. Kalaupun terpaksa harus copy paste, jangan lupa menyertakan link sumbernya. Namun cara copy paste seperti ini sebaiknya tinggalkan saja karena akan membuat kita statis atau stagnan, tak memiliki kreatifitas. Perlu di garis bawahi, konten disini bukan hanya berupa tulisan saja, tapi juga berupa gambar, file (mp3,video,aplikasi,dll) dan sebagainya yang terkait dengan konten blog.

⑤.Tampilan
Salah satu kunci kesuksesan sebuah blog adalah tampilannya. Tampilan di sini, erat kaitannya dengan template atau css yang kita gunakan. Untuk itu, sebelum membuat blog tentukanlah template atau css apa yang akan kita pakai. Buat atau pakailah tempalate atau css yang sesuai dengan tema & judul blog kita. Gunakanlah template atau css yang ringan & tentunya seo friendly.

⑥.Optimalisasi
Langkah selanjutnya setelah menentukan template atau css, adalah mengoptimalisasi agar blog kita banyak dikunjungi & pasti nya disukai mesin pencari. Harus diakui, untuk hal yang satu ini memang bukanlah hal yang mudah apalagi buat seorang pemula karena erat sekali kaitannya dengan teknik seo, html, javascript, php & sejenisnya. Namun walaupun tak mudah bukan berarti kita tak bisa mempelajarinya. Dan sebaiknya kita (khususnya pemula) tak usah terlalu disibukkan dengan optimalisasi ini apalagi sampai terbebani, karena pada dasarnya kualitas konten blog kita lah yang menentukannya. Ingat..! Kita membuat blog bukan untuk robot atau mesin pencari, tetapi untuk manusia. Percuma saja blog kita berada di posisi teratas (halaman pertama) mesin pencari tapi kualitas konten yang disajikan sama sekali tak memberi manfaat atau keuntungan pengunjung bahkan terkesan menipu karena konten (artikel/tulisan) yang disajikan tak ada hubungannya dengan kata kunci yang di cari. Jika sudah begini, maka pengunjung yang datang takkan betah berlama-lama & bisa dipastikan tak akan lagi mengunjungi blog kita. Untuk mempelajari bagaimana mengoptimalisasi sebuah blog, sangat dibutuhkan keseriusan & ketekunan. Saat ini banyak sekali informasi seputar optimalisasi blog yang beredar di media internet. Selain melalui informasi yang tersebar di media internet, kita bisa mempelajarinya melalui buku atau pun ebook. Kita pun bisa mempelajari tentang optimalisasi blog ini dengan mengikuti atau melalui forum-forum atau komunitas yang membahas seputar teknik seo & optimalisasi blog.

⑦.Promosi
Apalah artinya sebuah blog yang memiliki tampilan super keren, artikel yang banyak tapi tak ada yang mengetahui atau jarang dikunjungi. Untuk itulah diperlukan promosi agar blog kita di kenal. Ada beragam cara melakukan promosi blog, diantaranya dengan cara blogwalking, mendaftarkan blog ke web directory atau social bookmark, promosi melalui social media yang kita ikuti & masih banyak lagi.


Insya Allah tulisan ini akan kita lanjutkan dengan mengulasnya lebih terperinci pada pertemuan-pertemuan berikutnya.

Demikian yang bisa Ane sampaikan. Semoga bisa difahami & bermanfaat.


ﻭَ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪُ
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita