
Saat Anda
check in
di hotel, jangan biarkan para penipu atau perusahaan illegal ikutan
mengintip dompet Anda. Menurut Bob Sullivan yang dilansir DailyFinance,
ada sejumlah cara yang digunakan berbagai pihak untuk mengetahui nomor
kartu kredit Anda (
phising) dan memanfaatkannya untuk penipuan. Jika tidak, Anda pastinya akan kaget dengan tambahan aneka biaya dan
tagihan kartu kredit Anda.
Berikut 9 cara atau modus yang mungkin dipakai oleh para penipu untuk merampok saat Anda menginap di hotel:
- Telepon dari operator/resepsionis
Baru saja memasuki kamar, telepon berdering yang
katanya
dari resepsionis. Mereka mengatakan bahwa ada sedikit masalah dengan
kartu kredit Anda. Mereka meminta Anda menyebutkan kembali nomor kredit.
Jika hal ini menimpa Anda berhati-hatilah. Para penipu selalu mencari
cara, termasuk melalui hotel untuk merampok. Solusinya, tutup saja
teleponnya lalu hubungi kembali bagian resepsionis untu menanyakan
apakah ada masalah. Ini juga kebiasaan yang baik jika Anda mengalami
tipuan semacam ini di rumah. Jika memang ada masalah, jangan menyebutkan
nomor kartu kredit Anda di telepon tetapi datang langsung ke
resepsionis.
- Layanan Hantaran Pizza
Bisa jadi Anda akan menemukan brosur layanan hantaran pizza di bawah
pintu hotel. Anda cukup menelpon dan menyebutkan nomr kartu kredit untuk
melakukan pemesanan. Akan tetapi, brosur tersebut ternyata palsu, dan
para penipu bisa kini mengetahui nomor kartu kredit Anda. Penipuan modus
ini memang tidak terlalu banyak karena ketatnya pengawasan di hotel
melalui cctv. Akan tetapi jika menemukan brosur semacam ini di hotel,
gunakan smartphone Anda untuk mengecek kebenaran nama perusahaan
tersebut serta nomor telepon yang digunakan sebelum memutuskan melakukan
pemesanan.
- Jaringan Wifi Palsu
Salah satu cara yang paling lazim untuk mencuri data kartu kredit
adalah dengan membuat jaringan wifi tipuan dan memancing Anda untuk
online melalui wifi tersebut. “Hmm…wifi gratis,” pikir Anda ketika
menemukan signal wifi di layar computer atau smartphone Anda. Lalu Anda
segera konek atau bertransaksi online. Tipuan ini memang tidak terlalu
lazim di kamar hotel. Akan tetapi jika Anda sedang bepergian atau
menikmati secangkir kopi di suatu café bisa saja Anda mengalaminya.
Untuk mecegah terjadinya penipuan, jangan selalu tertarik dengan sesuatu
yang gratis. Usahakan selalu memeriksa kembali suatu jaringan sebelum
konek. Atau, sebaiknya gunakan saja paket mobile data smartphone Anda
supaya lebih aman.
- Biaya Internet
Makin mahal hotelnya, makin besar kemungkinan Anda akan dikenakan
tagihan tambahan. Triknya adalah layanan “free wifi.” Ternyata layanan
gratis itu hanya berlaku di lobby. Jika Anda mengakses dari kamar,
tagihan tambahan pun datang. Sebelum terlanjur terjebak, lebih baik
pahami cara berinternet dari smartphone Anda. Pastinya lebih murah
ketimbang tagihan internet hotel.
- Biaya Resort
Hotel dan website travel (yang sering menawarkan paket tiket dan
hotel murah) memiliki hubungan benci tapi rindu. Website-website
tersebut jelas sangat membantu mendatangkan para pengunjung, tetapi
disisi lain memangkas penerimaan hotel melalui aneka tawaran diskon dan
promo. Biaya tambahan saat check in pun menjadi cara lazim yang
digunakan hotel untuk menambah penghasilan. Banyak orang yang telah
melakukan pemesanan dan pembayaran kamar hotel secara online akan
ditagih biaya lainnya saat check in.
Resort fee biasanya
merupakan modus utama. Seperti namanya, biaya-biaya siluman ini sering
terjadi di daerah atau kota yang memiliki banyak resort.
- Biaya Layanan Kamar
Bisa saja hotel menambahkan biaya pembersihan kamar, di luar biaya
kamar resmi. Parahnya lagi, si petugas bersih-bersih justru malah sering
tidak mendapatkan apa-apa.
- Biaya Hewan Piaraan
Banyak hotel berusaha menarik pelanggan yang suka bepergian bersama
hewan piaraannya. Akan tetapi hotel biasanya juga menambhakan tagihan
$10 samapi $100 agar Anda bisa membawa hewan kesayangan ke kamar.
Karenanya, jika ingin bepergian dengan si pus, lilihlah hotel yang “pet
friendly.” Pastikan juga biaya yang akan dibebankan masuk akal dan
terjangkau budget Anda.
- Biaya Brankas
Mudah-mudahan Anda tidak pernah mengalaminya. Tetapi banyak hotel
yang tak segan menambahkan tagihan biaya brankas meski Anda sendiri
tidak pernah menggunakannya. Demikian juga dengan tagihan koran. Sebelum
membayar, mintalah mereka menghapus biaya tersebut dari total tagihan
Anda.
- Biaya Pembatalan Pesanan
Saat ini, sepertinya tidak ada lagi hotel yang memungkinkan
pembatalan sehari sebelumnya dan mengembalikan semua uang yang telah
Anda bayarkan. Biaya pembatalan menjadi lazim. Karenanya, periksa
“syarat ketentuan berlaku” termasuk syarat pembatalan pesanan karena
kebijakan ini bisa saja berbeda-beda antara hotel yang satu dengan yang
lain, atau antar website travel yang berbeda. Jangan pernah melakukan
pesanan tanpa memperhatikan hal ini. Untuk menghindarinya, hal utama
yang perlu dilakukan adalah menyusun rencana perjalanan dengan baik dan
sebisa mungkin menghindari perubahan rencana yang mendadak.
Selalu waspada jika bertransaksi dengan kartu kredit.
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar apa saja.