Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Bagaimana Sih Kriteria Blog yang Baik

Bagaimana sih blog yang dikatakan baik itu? Artikel kali ini ingin ngebahas tentang kriteria blog yang baik di mata search engine. Menurut saya blog yang bagus dan baik memiliki kriteria seperti :

Pertama ; Mudah dan cepat diakses/dibuka. Jujur saja, saya paling malas berkunjung ke blog yang kebanyakan memasang widget yang tak penting. Seperti Mp3 lah ,foto-foto narsis yang tidak memiliki informasi ,kecuali kalau foto tersebut memiliki nilai informasi yang baik . Saolnya semakin banyak widget ,kecepatan akses blog akan semakin lambat.


Kedua; memiliki warna, layout, bentuk dan tipografik yang menarik, dan enak dipandang mata. Perlu diingat, grafik yang dipasang pada blog emang menarik dan bikin indah tampilan tapi tanpa sadar sebenernya grafik bisa juga memperlambat akses dengan semakin besarnya file.


Ketiga; Postingan didalam suatu blog haruslah menarik, relevan, dan juga pantas untuk target pengunjung blog tersebut. Pake gaya penulisan dan bahasa sesuai dengan blog dan target pengunjung. Usahakan blog selalu update dengan artikel-artikel terbaru. Karena hal ini akan meningkatkan daya lekat blog yang membuat pengunjung sering kembali. Kalau kekurangan bahan buat di posting, silahkan aja cari sumber diblog/situs lain. Copy paste sah saja, gak ada masalah selama tetap menyertakan informasi dari mana sumber artikel itu diambil. Namun lebih bagus lagi jika ditulis ulang dengan bahasa sendiri ,jadi lebih terlihat orosinil.


Keempat; Blog harus kompatibel dengan browser yang ada (mozilla ,google chrome,IE dan lain-lain). Jangan sampai ada bagian blog (biasanya bagian sidebar pada template yang menggunakan multikolom/3 kolom) yang terlihat turun kebawah alias tidak sama tinggi.


Kelima; Kurangi menggunakan widget/content yang menggunakan javascript, Karena terkadang ada browser yang dimatikan/dinonaktifkan fungsi javascript nya. Kalau sudah seperti itu ,bisa fatal! Bisa bubar semuanya. Boleh saja pakai widget/content yang mengandung javascript didalamnya, tapi jangan kebanyakan. Bagusnya sih dipikir saja dulu efeknya apakah kalau blog anda harus berhadapan dengan browser yang dimatikan/dinonaktifkan fungsi javascript nya.


Keenam; Nah ini nih masalah loading time. Sebuah blog yang tampil lebih cepat kemungkinan besar akan kembali dikunjungi apalagi jika postingan didalam dan tampilannya menarik. Kalau blog pake grafik, jaga grafik agar berukuran kecil. Faktor utama agar blog cepat loadingnya adalah dengan meminimalkan pemakaian image, memperkecil ukuran halaman blog, kurangi juga penggunaan content/widget yang mangandung banyak javascript. Kita cuma punya waktu 7-8 detik untuk meyakinkan pengunjung tidak menutup browser atau malah beralih (pindah) ke blog lain. Jadi, dalam rentan waktu 7-8 detik itu letakkin sesuatu dilayar, dan sesuatu itu haruslah menarik.

April 1999 hasil penelitian yang dilakukan Zona Research menyebutkan bahwa 80% pengunjung akan menutup browser apabila halaman web yang ia buka ga tampil dalam 7-8 detik. Dan penelitian Jupiter Media Metrix ditahun 2001 mengatakan bahwa 40% pengunjung akan kembali mengunjungi situs yang tampil lebih cepat.

Cukup itu dulu ya tipsnya di artikel ularsawah .Semoga bisa menjadi sedikit acuan untuk teman-teman yang baru membangun sebuah bloh maupun web.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita