Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Kurikulum 2013]: Dimana Posisi Bimbingan dan Konseling?


Posisi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013
Rencana pemerintah untuk memberlakukan Kurikulum Baru di tahun 2013 tampaknya akan menjadi sebuah kepastian. Berdasarkan Draft Pengembangan Kurikulum 2013, diperoleh beberapa informasi esensial tentang berbagai usulan dan rencana perubahan yang akan dilakukan, khususnya berkaitan dengan: (1) Standar Kompetensi Lulusan; (2) Standar Proses;  (3) Standar Isi; dan (4)  Standar Penilaian.

Setelah menyimak seluruh isi Draft Pengembangan Kurikulum 2013, saya tidak menemukan satu kalimat pun tentang Bimbingan dan Konseling.  Dalam hati saya bertanya: “Apakah ini suatu kesengajaan atau memang telah terjadi fatal error dalam perumusan kurikulum?” Kegelisahan dan keheranan semakin menguat setelah melihat usulan rencana perubahan dalam struktur kurikulum yang didalamnya menyebutkan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”.
Struktur Kurikulum Baru
Seperti kita maklumi, dalam Kurikulum 2006, layanan bimbingan dan konseling termasuk dalam  wilayah Pengembangan Diri bersama-sama dengan Ekstrakurikuler.  Jika memang usulan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”  disetujui dan menjadi keputusan resmi, timbul pertanyaan besar dalam benak saya:
Dalam hal ini, saya tidak ingin menduga-duga untuk menjawabnya. Barangkali ada diantara Anda yang bisa memberikan penjelasan….
===========
Anda ingin mengunduh materi: Draft Pengembangan Kurikulum 2013?  Silahkan klik tautan di bawah ini:
atau DISINI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita