Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

6 Langkah Mudah Menginstall WordPress di Hosting


login cpanel, cpanel, cara install wordpressNah, di dalam hosting ini, terdapat aplikasi untuk mengelola hosting, namanya cPanel. Sebetulnya masih banyak juga yang lain, diantaranya ada Plesk, Kloxo, dan lain-lain. Namun untuk hosting linux, yang paling populer adalah cPanel ini. Sama seperti yang digunakan oleh WebHostMu.
Untuk membuat website WordPress di hosting sendiri sebenarnya cukup mudah. Kalau Anda sudah terbiasa, nggak akan sampai setengah jam website Anda sudah bisa online, bahkan kurang.

Proses ini akan sangat membantu bagi Anda yang memang tidak mempunyai banyak waktu untuk berhadapan dengan tetek bengek per-website-an. Pokoknya install dan langsung jadi deh …
Untuk itu, kita akan menggunakan bantuan aplikasi auto installer yang bisa menginstal beberapa aplikasi website dalam hitungan menit. Kabar baiknya, software auto installer ini juga sudah terdapat di dalam cPanel.
Beberapa aplikasi auto installer yang cukup populer antara lain Fantastico De Luxe, Softaculous, dan QuickInstall.
Namun kali ini saya akan membahas khusus yang Fantastico De Luxe. Untuk yang lain langkah-langkahnya hampir sama. Kalau sudah biasa memakai satu aplikasi, yang lain biasanya mengikuti. Yang penting kita memahami elemen-elemen penting dalam membuat website WordPress, yakni pada saat pengisian nama database, username, password, email aktif, nama admin, dan nama domain yang akan kita gunakan.

Cara install WordPress di hosting menggunakan Fantastico De Luxe

  1. Masuk ke cPanel, dengan mengetik namadomain.com/cpanel atau namadomain.com:2082 di browser. Kemudian masukkan username dan password cPanel Hosting yang telah diberikan oleh Penyedia Hosting Anda. Biasanya informasi tentang username dan password untuk masuk ke cPanel sudah terdapat pada “Email Informasi Aktivasi Akun Hosting” yang akan dikirimkan begitu hosting kita diaktifkan.
    login cpanel, cpanel, cara install wordpress
  2. Di halaman admin cPanel, arahkan ke kolom bagian Software, dan klik icon aplikasi bernama Fantastico De Luxe.
    cpanel inside, cpanel, cara install wordpress
  3. Cari installer WordPress di daftar aplikasi dan selanjutnya klik new installation.
    wordpress fantastico, fantastico
  4. Setelah terbuka halaman form intalasi WordPress, isikan data-data yang diperlukan untuk menginstal WordPress ke dalam kolom yang disediakan. Setelah itu klik “install WordPress”. (Tips: bagi Anda yang baru saja memulai, lebih baik kosongkan saja kolom “Install in directory”)
    install wordpress, install wordpress via fantastico
  5. Jika sudah muncul halaman konfirmasi penginstalan WordPress, klik finish installation.
    instalasi wordpress lewat fantastico, install wordpress
  6. Proses instalasi WordPress via Fantastico selesai.
    install wordpress di hosting, install wordpress
Ohya, teman saya Handoko Tantra sudah membuat panduan lengkapnya berupa modul kursus WordPress terlengkap khusus pemula dalam bentuk video berkualitas HD dengan audio yang jernih. Semuanya berbahasa Indonesia. Barangkali Anda berminat, Anda bisa ikuti kursusnya. Silahkan klik gambar di bawah ini (aff) :
Tutorial WordPress Pemula
Semoga bermanfaat.
Share:

3 komentar:

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita