Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Tutorial Cara Instalasi File apk ke Smartphone Android

android setting security unknow source Android adalah OS yang paling banyak di gunakan di dunia smartphone saat ini. Nah, di sini Jerukers dapat mengetahui cara termudah untuk meng-install file ".apk" ke dalam smartphone berbasis Android yang digunakan.
Android Application Package adalah kepanjangan dari file dengan extention .apk, dimana fungsinya mirip dengan ekstensi .exe yang digunakan untuk intalasi file ke dalam operating system Windows. File .apk digunakan untuk melakukan instalasi di operating system Google yaitu Android, di mana pada saat ini adalah OS yang paling banyak digunakan di smartphone.
Salah satu alasan mengapa Android bisa menjadi OS mobile yang paling banyak digunakan pada saat ini adalah karena Android merupakan operating system yang bersifat open source, dalam artian bahwa Google memberikan kebebasan kepada para developer untuk membuat aplikasi buat digunakan di smartphone yang berbasis Android.
Supaya para developer aplikasi bisa mendapatkan penghasilan dari aplikasi-aplikasi yang mereka develop, maka mereka harus mendaftarkan aplikasi tersebut ke Play Store. Namun tanpa masuk ke dalam
Play Store pun para developer sudah dapat menyebarkan aplikasi mereka misalkan untuk keperluan testing atau malah hanya digunakan untuk keperluan internal saja.
Cara untuk instalasi file .apk sangatlah mudah. Namun sebelumnya, Jerukers harus mengubah settingan di Android untuk dapat menerima file .apk di luar dari Play Store. Caranya adalah ke Setting, lalu masuk ke Security. Scroll ke bagian bawah, di bagian Device Administration ada tick-box untuk "Unknown Source". Nantinya, akan keluar kotak notifikasi yang menyatakan bahwa Jerukers sendiri yang akan bertanggung jawab atas segala hal yang di akibatkan oleh aplikasi yang bukan di install melalu Play Store, klik OK.


Lalu copy file .apk yang ingin di-install ke Android kamu ke dalam memory card. File yang ingin di-install itu harus dengan extention ".apk, sebagai contoh di sini kami menggunakan aplikasi "MyTable.apk" yang sudah di-copy ke dalam external memory card micro SD. Lalu selanjutnya tinggal mencari file tersebut menggunakan file explorer yang ada di dalam Android.
Apabila di smartphone kamu belum ada aplikasi file explorer, salah satu aplikasi file explorer terbaik yang direkomendasikan oleh tim JerukNipis adalah Astro File Explorer, bisa didapatkan melalui Android Play Store secara gratis. Setelah ketemu file .apk yang ingin di-install, tinggal klik file tersebut dan ikuti langkah-langkah berikutnya seperti contoh yang terlampir:
file apk install process 1
Setelah di-klik, akan ada notifikasi persetujuan bahwa aplikasi ini akan memiliki akses terhadap apa saja di Android kamu, klik Install:
file apk install process 2
Jika aplikasi sudah sukses ter-install, maka indikasinya bisa dilihat sebagai berikut:
file apk install process 3
file apk install process 4
Semoga tutorial ini berguna ya, Jerukers! Selamat mencoba!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita