Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Strategi Marketing Online Via Social Media


Media sosial sejatinya ditujukan untuk mempermudah interaksi sosial. Media sosial semakin berkembang seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia, menurut data Statista.com, pengguna aktif (active users) Facebook per Juni 2012 adalah 955 juta atau hampir 1 milliar. Sedangkan Twitter, saat ini jumlah total pengguna aktifnya hanya 100 juta saja. Hal ini disampaikan pada bulan September tahun lalu.

Pada tahun 2011 banyak perusahaan yang memanfaatkan media social untuk coba-coba, tahun 2012 banyak perusahaan yang makin serius memanfaatkan media social karena menyadari pentingnya media social. Tahun ini, perusahaan berencana meningkatkan anggaran media sosialnya bukan untuk bereksperimen saja.

Saat ini media sosial menjadi porsi terbesar bagi konsumen menghabiskan waktunya secara online.

Bagi pemasar media sosial seakan memberikan ruang yang tepat untuk mempromosikan produk ke konsumen. Pada infografik MDG Advertising ini ditunjukkan mengenai pola pemasaran yang memanfatkan media sosial. Jejaring sosial/ blog menempati urutan tertinggi (22,5%), disusul online game (9,8%), e-mail (7,6%), video/film (4,5%), mesin pencari (4%), instant messaging (3,3%), software (3,2%), iklan baris (2,9%), acara/berita (2,6%), dan media lainnya (35,1%). Sementara itu, bujet iklan di media sosial selama 12 bulan mendatang diperkirakan akan meningkat dari 7,1 persen menjadi 10,1 persen.

Potensi menjaring konsumen via media sosial memang besar, kita pun tergiur untuk meningkatkan omzet penjualan secara langsung. Padahal sebuah media sosial, atau layaknya sesuatu yang berbau sosial lainnya strategi yang penjualan yang kita lakukan yaitu bersifat soft selling. Beberapa fungsi media sosial untuk kegiatan marketing antara lain : 
  • Meningkatkan branding dan awareness
Sosial media sangat besar pengaruhnya untuk membantu merek dan organisasi dalam menjangkau audiens melalui penggemar dan jaringan yang diperluas ke pengikutnya “teman-teman dan pengikutnya”.

Banyak marketer yang mengubah merek menjadi penerbit dan semakin banyak yang beralih ke media sosial dan berbagi ketimbang membayar media untuk mendapatkan umpan balik.

Sebuah contoh yang bagus? Bagaimana Million Dollar Shave Klub membangun subscriber dan fan base melalui sebuah Video Viral yang sangat efektif dan telah dilihat hampir 5 juta pemirsa!
  •     Melindungi reputasi anda
Warren Buffett mengatakan: butuh 20 tahun untuk membangun reputasi merek, tapi hanya butuh 5 menit untuk menghancurkannya.

Dan dengan media sosial saat ini, krisis bisa terjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi merek untuk memiliki kehadiran di platform sosial media untuk mendengarkan dan terlibat dengan pelanggan dan para pendukung berada. Juga memonitor percakapan untuk melihat apakah ada sentimen dalam perubahan.
  •     Meningkatkan Public Relations (PR)
Ketika sebuah merek telah mengubah perannya menjadi penerbit (penayang), kehadiran online harus diperkuat lagi dengan peran PR.

Di masa lalu, peran PR itu pada dasarnya tentang mengirimkan siaran pers, mengembangkan hubungan yang baik dengan para wartawan atau penyelenggaraan kegiatan PR agar pemberi pengaruh membicarakan merek.

Saat ini, merek dapat meningkatkan inisiatif mereka sendiri melalui penggemar dan pengikut, melalui blog dan pelanggan newsletter.
  •     Media sosial sebagai layanan pelanggan
Entah Anda merencanakan seperti itu atau tidak, pelanggan Anda melihat channel media sosial Anda sebagai kontak poin layanan pelanggan. Yang artinya Anda perlu menanggapi mereka seolah-olah itu adalah channel khusus layanan pelanggan.

Mereka harus merasa seperti mendapatkan layanan sama seperti yang mereka dapatkan di tempat lain. Bahkan jika akun dijalankan secara khusus oleh pemasaran, Anda harus mengarahkan pelanggan ke saluran yang tepat.

Membuat akun pada media sosial memang mudah, perusahaan skala kecil maupun menengah bisa berpromosi via media sosial tetapi untuk senantiasa menjaga interaksi dengan pelanggan dibutuhkan kegiatan online dan keterampilan khusus. Semakin banyak yang memanfaatkan akun gratisan, persaingan juga semakin ketat. Salah satu alternatifnya adalah beriklan melalui facebook.
Share:

2 komentar:

  1. ROBLOX is empowered by an ever growing player base of over 300,000 creator players who provide an infinite variety of highly immersive experiences.

    These experiences range from 3D multiplayer games and contests, to interactive adventures where players can take on new identities imagining what it would be like to be a dinosaur, a miner working a mine or an astronaut out in space.

    BalasHapus
  2. Are you looking for free Instagram Followers?
    Did you know that you can get them AUTOMATICALLY & ABSOLUTELY FOR FREE by registering on Add Me Fast?

    BalasHapus

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita