Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Cara Membuat Paspor secara Online

ilustrasi dari sini
Saya baru tahu kalau permohonan pembuatan paspor ada 2 macam; manual dan online. Permohonan manual dengan cara datang ke Imigrasi, mengisi formulir dan kelengkapannya kemudian mengambil nomor antrian untuk foto.

Pagi ini saya ke Imigrasi dengan membawa formulir yang telah diisi serta kelengkapansyarat-syarat pembuatan paspor. Tempat yang saya tuju pertama adalah meja pengambilan nomor antrian. Dan apa yang saya lihat disana? Tulisan “Nomor Antrian Habis”. Kantor Imigrasi mulai buka jam 7.30 dan jam 7.45 nomor antrian sudah habis! Wow.

Akhirnya, saya disarankan untuk membuat permohonan secara online. Pada jam yang sama, 7,45 pagi tadi, antrian permohonan online baru 13 pemohon saja yang antri. Sementara antrian permohonan manual sudah penuh. Jadi, menurut petugas Imigrasi, akan lebih efisien jika saya melakukan permohonan secara online karena tidak perlu mengantri pagi-pagi buta untuk mendapat nomor antrian. Nah, dibawah ini saya tuliskan langkah-langkah permohonan paspor secara online:

Satu
Bukalah website http://Imigrasi.go.id/, lalu klik Layanan Paspor Online. Kemudian isi formulir permohonan dengan memilih jenis paspor dan data diri.

Setelah mengisi formulir permohonan, kita akan mendapatkan konfirmasi yang akan dikirimkan ke email kita. 

Dua
Cek email. Download dan print lampiran yang ada di email konfirmasi. Lampiran ini merupakan bukti pengantar ke bank. Disitu tertulis nominal yang harus kita bayarkan untuk pembuatan paspor.

Tiga
Melakukan pembayaran di Bank BNI, sesuai informasi yang tertera pada email konfirmasi. Dan jangan lupa untuk membawa bukti pengantar yang dikirimkan lewat email tadi, serta membawa sejumlah uang. :D

Biaya untuk pembuatan paspor biasa 48 halaman adalah 355 ribu ditambah dengan biaya bank 5 ribu.

Empat
Kembali mengecek email dan klik url pada email konfirmasi yang sudah dikirimkan tadi.

Lima
Setelah meng-klik url pada email konfirmasi, muncul form yang harus diisi dengan beberapa data, yaitu; nomor jurnal bank dan jadwal kedatangan ke kantor Imigrasi.

Nomor jurnal bank adalah 6 digit nomor yang terletak diatas tanggal pembayaran pada slip bukti pembayaran bank.

Jadwal kedatangan memiliki banyak pilihan, jadi kita bisa memilih sesuka hati. 

Enam
Kita akan mendapatkan email konfirmasi kembali, yang isinya untuk datang ke kantor Imigrasi sesuai jadwal yang telah kita pilih. Pada lampiran juga terdapat tanda terima permohonan, jangan lupa diprint ya.

Tujuh
Terakhir, datang sesuai jadwal ke kantor Imigrasi untuk pemotretan. Eh maksudnya untuk verifikasi data, interview, pengambilan sidik jari, dan foto. Proses terakhir ini hanya membutuhkan waktu 45 menit di kantor Imigrasi Jogja. 

Proses yang paling lama adalah ketika pengambilan sidik jari. Sidik jari saya susah terdeteksi! Jadi 1 jari harus ditekan-tekan setidaknya 10 kali di mesin pemindai. :D

Oiya, jangan lupa membawa semua dokumen persyaratan permohonan asli dan fotocopy, serta tanda terima permohonan.

Dan paspor dapat diambil 5 hari kemudian. Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita