Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Begini Caranya Menelusuri Paket Kiriman dari Luar Negeri


bea-cukai-barang-kiriman-luar-negeriTidak jarang kita mendengar keluhan masyarakat tentang pengiriman paket barang dari luar negeri. Hal ini terjadi karena tidak mudah untuk mengetahui posisi barang kita sudah sampai dimana, dan statusnya bagaimana. Tidak jarang pula, kondisi ini digunakan para penipu untuk mengeruk keuntungan bemodus kiriman hadiah/uang dari luar negeri.


Tetapi itu dulu. Sekarang Anda dengan mudah bisa mengetahui posisi kiriman paket yang dikirimkan dari luar negeri. Caranya adalah dengan mengecek langsung di website Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (bcsoetta.net). Nah di halaman tersebut Anda akan melihat sebuah kotak form berwarna oranye di sebelah kanan (lihat gambar di bawah ini), dimana Anda bisa memulai men-track (mengecek) posisi barang kiriman Anda.
bea_cukai_barang-kiriman-luar-negeri
Syaratnya cuma satu: Anda harus mengetahui nomor Airway Bill (AWB), yaitu semacam nomor resi pengiriman paket udara; dan nama penerima paket tersebut.
Silahkan ketik data tersebut ke dalam kotak yang tersedia lalu klik “PIBK Online.” Jika barang atau paket kiriman Anda memang ada, datanya akan segera muncul di layar komputer atau handphone Anda. Mudah sekali bukan?
Pengecekan ini berlaku untuk mengecek paket-paket dari luar negeri yang dikirimkan melalui perusahaan jasa titipan (PJT) seperti DHL, Fedex, TNT, dan sebagainya. Ohya, sampai dengan saat penulisan artikel ini, pengecekan status barang kiriman secara online ini tidak berlaku untuk paket yang dikirim melalui kantor pos (Electronic Mail Service – EMS).
Langkah Bea Cukai kali ini patut diacungi jempol sebagai langkah maju dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Bea Cukai sepertinya makin gerah dengan banyaknya kasus penipu bermodus barang kiriman yang selama ini memanfaatkan nama “bea cukai” untuk memeras dan telah menimbulkan banyak korban penipuan.
Karena itu pihak Bea Cukai menekankan bahwa para penipu selalu meminta pembayaran bea atau pajak paket agar ditransfer ke rekening perorangan. Biasanya para penipu juga mendesak korban agar segera mentransfer uang dalam waktu singkat, disertai ancaman bahwa barang akan dimusnahkan atau dikirim balik jika tidak segera dibayar pajaknya. Semua itu hanya tipuan belaka.
Nah, selain penanganan barang kiriman, website Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta juga telah dilengkapi dengan aneka informasi yang pastinya sangat berguna bagi mereka yang sering bepergian antar negara, serta melakukan aktivitas ekspor impor. Silahkan cek informasi-informasi praktis tersebut di sini.
Masih ada pertanyaan? Silahkan hubungi langsung Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta di nomor telepon (021) 5502026 / 5502072.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita