Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Sejarah Jam Tangan dan Penemuan Arloji


Sejarah Jam Tangan penemuan arlojiMeski bentuk dan ukurannya kecil saja, namun jam tangan atau sering disebut juga dengan arloji ternyata punya sejarah perjalanan yang sangat panjang. Bahkan menurut catatan sejarah yang ada, penggunaan jam sudah dimulai sekitar 3.500 tahun yang lalu. Namun tentu saja bentuknya masih sangat sederhana sekali. Ketika itu orang memakai sebuah lingkaran dari plat dan diberi tongkat di tengahnya. Ketika terkena sinar matahari, tongkat itu memunculkan bayangan yang dijadikan sebagai penanda waktu.


Selanjutnya pada tahun 1.300 sebelum masehi, orang Mesir mulai memakai pasir untuk membuat jam. Pasir ini dimasukan ke dalam tabung yang desainnya dibuat khusus menjadi dua bagian atas bawah dan bagian tengahnya dibuat lubang sempit. Tabung yang sudah diisi pasir lalu dibalik dan pasir akan pindah ke bawah melalui lubang kecil. Proses pemindahan pasir ini lalu dijadikan sebagai ukuran waktu. Namun selain pasir ada pula yang memakai air. sistem kerjanya kurang lebih sama.
Setelah memasuki jaman modern dan banyak jenis teknologi yang ditemukan, ada orang Jerman yang bernama Petrus Henlein mencoba membuat jam saku pada tahun 1524. Penemuan tukang kunci ini lalu disempurnakan lagi oleh Jawal Al-Din pada tahun 1556 dan diperbarui lagi pada tahun 1702 oleh Mansyur Sheyh. Pada saat inilah tingkat keakuratan jam mulai mengalami masa peningkatan.
Oleh karena itu banyak orang yang makin tertarik untuk menggunakan jam sebagai mesin tanda waktu. Kondisi ini membuat banyak bermunculan industri pembuatan jam di Eropa. Misalnya di Paris pada tahun 1775 berdiri sebuah tempat pembuatan jam yang sampai saat ini masih terkenal yaitu Louis Breguet.
Perkembangan yang sangat menakjubkan terjadi pada awal abad ke XIX. Pada saat ini sudah mulai muncul jam yang dikenakan di tangan, mengganti jam yang sebelumnya disimpan dalam saku atau jas. Penemuan dan pembuatan jam tangan pertama dilakukan oleh seseorang bernama Patek Phillipe pada tahun 1868.
Selanjutnya pada tahun 1950 ada penemuan teknologi baru lagi berupa jam tangan yang sistem kerjanya menggunakan listrik. Dari sinilah inovasi jam tangan atau arloji terus berkembang dan mengalami kemajuan yang makin pesat.
Dan sampai sekarang jam tangan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Model dan teknologi untuk menggerakan sistem kerjanya juga semakin canggih dan bermacam-macam jenisnya. Bahkan beberapa puluh tahun yang lalu sudah muncul jam tangan yang tidak memakai jarum lagi namun penunjukannya dimunculkan dengan angka. Inilah yang disebut dengan jam tangan digital.

Kalimat yang berhubung dengan isi artikel :

penemu arloji, penemu jam tangan, sejarah jam tangan, penemu arloji pertama, sejarah jam tangan digitec, sejarah digitec, penemu jam tangan pertama, penemu jam digital, sejarah penemuan jam tangan, asal jam lasebo dibuat, sejarah arloji, Sejarah penemuan jam, sejerah penemuan jam tangan, sejarah jam tangam digitec, sejarah jam lasebo, sejarah ice watch, asal jam digitec, penemu jan tangan atau jam kecil saku, penemu jam tangan q&q, penemu jam tangan lengkap tahun pembuatan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita