Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Persiapan Pesta Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting dalam kehidupan di samping kelahiran dan kematian. Banyak orang memilih untuk merayakannya secara besar-besaran. Mewah atau sederhana hal ini membutuhkan persiapan yang dapat menimbulkan stres.
  • Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting dalam kehidupan di samping kelahiran dan kematian. Demikian pentingnya sehingga banyak orang memilih untuk merayakannya secara besar-besaran. Mewah atau sederhana hal ini membutuhkan persiapan matang yang dapat menimbulkan stres.
    Untuk menghindari stres yang mungkin merusak hari bahagia itu, susunlah rencana Anda dengan rapi. Di bawah ini tertera beberapa saran yang dapat Anda ikuti dalam merancang pesta pernikahan Anda:
  • Peresmian

    Secara resmi Anda menikah di depan hakim atau alim ulama. Carilah tahu berapa ongkosnya dan kapan Anda harus mendaftarkan diri sebelum hal ini dapat dilaksanakan.
  • Anggaran

    Tentukan berapa anggaran yang tersedia untuk membiayai pesta dan bulan madu. Janganlah memaksakan diri untuk mengadakan hajatan yang mewah dengan mengundang ribuan orang yang nantinya akan menjerat Anda dengan hutang. Banyak orang berpengharapan akan menuai keuntungan dari hadiah yang berbentuk uang, tetapi ini seperti juga berjudi kecuali Anda menulis di kartu undangan "Semua hadiah hendaknya berbentuk uang tunai untuk membantu mempelai menempuh hidup baru." Kemewahan pesta tidak menentukan kebahagiaan hari depan.
  • Kartu undangan

    Sebaiknya kartu undangan dibagikan paling tidak 3 minggu di muka supaya orang dapat menyiapkan waktu untuk hadir namun tidak terlalu lama sampai mereka lupa tanggalnya. Anda perlu mencari tahu berapa lama percetakan memerlukan waktu untuk mencetaknya. Kalau Anda ingin memasang foto Anda berdua di kartu undangan, foto ini harus disiapkan jauh di depan. Sebelum memesannya Anda tentu harus menentukan berapa banyak tamu yang akan diundang, siapa saja dan apakah mantan pacar perlu diundang.
  • Pakaian pengantin

    Apakah Anda akan mengenakan gaun pengantin barat dan tuksedo atau baju daerah Anda harus mencobanya lebih dulu, proses ini memerlukan waktu. Tentukan mana yang lebih praktis membeli atau menyewa.
  • Cincin

    Yang lain boleh Anda lupakan tetapi yang satu ini mutlak harus diingat. Pastikan bahwa Anda sudah lebih dulu memesannya, terlebih bila Anda ingin nama mempelai terukir di bagian dalamnya.
  • Bunga

    Bagian yang tidak terpisahkan dari pesta pernikahan, baik sebagai hiasan ruangan maupun buket yang dibawa pengantin wanita. Jenis dan warnanya harus disesuaikan dengan keinginan sang pengantin.
  • Makanan

    Berapa banyak tamu yang Anda undang menentukan berapa banyak makanan yang harus disiapkan. Anda dapat memesan atau merencanakan untuk mempersiapkannya sendiri dengan bantuan keluarga. Bila Anda memilih yang terakhir ini, Anda harus berembuk apa saja yang harus dibeli dan kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan.
  • Kue pengantin

    Pengantin wanita biasanya mempunyai bayangan kue macam apa yang dia inginkan. Apakah kue yang bersusun tiga dengan hiasan bunga, air mancur dan sepasang mempelai di puncaknya? Atau kue yang terdiri dari kue-kue kecil yang tersusun di tempat bertingkat sehingga Anda tidak perlu memotong-motongnya, tinggal membagikannya. Toko kue mana yang Anda pilih dan berapa lama Anda harus memesannya di muka. Mungkin Anda mengenal seseorang yang mau membuatnya untuk Anda dan Anda dapat mengganti harga bahan-bahannya. Semua pertimbangan ini harus diputuskan jauh-jauh hari.
  • Kendaraan

    Mobil siapa yang akan Anda pakai dan apakah Anda perlu menghiasnya. Bila Anda mempunyai mobil bagus atau kerabat Anda mau meminjamkannya, Anda tidak perlu susah-susah menyewa. Tetapi bila Anda harus menyewa tentunya Anda harus memesannya paling tidak 2 atau 3 bulan di muka untuk memastikan bahwa mobil itu tersedia.
  • Gedung

    Ini juga harus dipesan beberapa bulan sebelumnya kecuali Anda ingin pesta di rumah sendiri. Kalau pun di rumah sendiri, Anda perlu memikirkan apakah Anda perlu menyewa meja kursi atau tamu-tamu cukup berdiri saja. Alternatif lain ialah gedung gereja atau gedung pertemuan, tentunya tergantung kepada keuangan Anda.
  • Bulan madu

    Bila Anda ingin pergi berbulan madu langsung sesudah pesta, Anda harus memilih tempatnya dan memesan hotel serta tiket pesawatnya. Pakaian yang akan dipakai juga perlu disiapkan di koper, sesuai dengan tempat bulan madu itu. Baju dingin bila Anda akan ke gunung dan baju renang bila Anda ingin pergi berenang.
    Untuk menyusun semua rencana ini Anda dapat memanfaatkan check-list app di ponsel Anda atau sekedar menulisnya di sebuah buku untuk memastikan bahwa segalanya sudah dikerjakan. Dengan perencanaan yang seksama Anda dapat memastikan perayaan pernikahan Anda akan meninggalkan kenangan manis yang dapat Anda ceritakan kepada anak cucu Anda nantinya.
    Penulis: Irma Shalimar
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita