Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Berbisnis Gratis dengan Blog


blogging1Hobby menulis blog bisa menjadi peluang bisnis online. Bahkan banyak orang yang memutuskan berhenti bekerja kantoran dan lebih memilih bekerja dari rumah dengan menulis blog. Ngeblog kini juga semakin diminati ibu rumah tangga, pegawai, mahasiswa dan para profesional sebagai pilihan berbisnis mudah untuk berbisnis. Lalu bagaimana membisniskan (monetize) blog Anda?
Blog sebagai salah satu media online populer, dapat menjadi ajang promosi yang baik. Di dunia online terdapat berbagai potensi income yang dapat Anda peroleh sebagi blogger hanya dengan mempromosikan produk atau bisnis pihak lain.
Beberapa diantaranya adalah:

1. Affiliate Marketing
Anda cukup mendaftar ke website perusahaan yang memiliki program affiliate marketing. Jika telah diterima, Anda akan memperoleh kode link yang dapat Anda letakkan untuk dipromosikan di blog Anda. Jika seseorang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, Anda akan memperoleh bonus.
Program affiliasi sangat banyak seperti yang bisa Anda lihat di Amazon serta website-website penjual software. Anda bisa mendaftar langsung ke website-website tersebut. Bisa juga Anda memulai dengan mendaftar pada affiliate organizer seperti Linkshare, Commission Jusction atau program affiliasi Amazon.com. Setelah terdaftar, Anda langsung dapat memilih diantara sederetan produk/website yang ada. Pilihlah produk website yang kira-kira terkait dengan konten blog Anda.
Jangan lupa untuk berhati-hati dengan bisnis tipuan bermodus arisan berantai. Mereka juga sering menggunakan nama affiliate marketing, padahal mereka hanyalah website penipuan. Ciri utama bisnis penipuan adalah setiap member harus membayar untuk bergabung. Dalam program affiliasi yang dijelaskan di atas, member tidak perlu membayar, alias GRATIS.
Lihat contoh bisnis online tipuan..
2. Product/Business Review
Para blogger pemula sering menulis review secara cuma-cuma untuk menambah konten blog dan memancing pembaca. Atau bisa juga Anda membantu mempromosikan usaha teman-teman Anda atau menulis bisnis di sekitar Anda (hotel tempat Anda pernah menginap, pelayanan  atau makanan di suatu warung, pengalaman berurusan bepergian dengan suatu travel, dll), sebagai langkah awal sekalian belajar menulis.
Jika blog Anda sudah cukup populer, bisa jadi banyak perusahaan yang akan mendekati Anda untuk menulis review tentang produk atau bisnis mereka. Tentu saja kali ini Anda sudah harus menetapkan tariff atas jasa review Anda tersebut.
Dalam membuat review tentu diperlukan sedikit keterampilan berbahasa agar blog Anda tidak sekedar mempromosikan suatu produk atau bisnis, tetapi juga memberi pendapat yang lengkap dan berimbang sehingga bermanfaat dan menarik bagi pembaca.
Contoh blog yang banyak memuat review dapat dilihat di blog Tongkonanku milik Ferry Yunus Madao dari Yogyakarta.
3. Google Adsense
Google Adsense kurang lebih sama dengan affiliate marketing. Dalam Google Adsense, Anda mempromosikan iklan-iklan yang dimiliki oleh Google. Hebatnya, Anda akan dibayar setiap kali orang mengklik iklan Anda, bukan berdasarkan penjualan produk.
Untuk mengikuti program Google Adsense, terlebih dahulu Anda harus mendaftar dan membuat account Google Adsense.
Promosikan Blog Anda
Semua bentuk-bentuk bisnis di atas Anda lakukan dengan gratis alias tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Yang diperlukan adalah kemauan kuat untuk konsisten menulis yang berkualitas serta kreativitas.
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah mempromosikan blog Anda. Bayaran review Anda akan semakin besar jika blog Anda popular. Demikian juga dengan potensi income dari affiliate program dan Google Adsense.
Beberapa cara yang ampuh untuk mempromosikan blog adalah:
  • Menjaga kualitas dan oginalitas tulisan. Tidak ada orang yang akan berkunjung ke blog yang isinya hanya copy paste dari koran atau blog lain,
  • Konsisten menambah postingan. Usahakan menambahkan minimal satu postingan setiap minggu,
  • Gunakan tag dan keyword (kata kunci) terkait postingan Anda, yang mudah terindeks oleh Google sehingga dapat muncul dalam pencarian Google. Sebaiknya keyword ini sudah tercantum dalam judul dan/atau 10 kata pertama isi postingan blog Anda,
  • Koneksikan blog Anda dengan berbagai media sosial seperti facebook, twitter, linkedin, pinterest dll.
  • Rajin-rajin melakukan blog-walking, yaitu meninggalkan komentar di blog lain. Biasanya si pemilik blog akan melihat komentar Anda dan mengunjungi blog Anda juga.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita