Seiring dengan berkembangnya
teknologi informasi khususnya internet, memang tidak dapat kita pungkiri hal
ini memberikan manfaat yang begitu besar dalam banyak aspek kehidupan, salah
satunya dalam kegiatan jual beli. Dengan hadirnya webstore yang sedang marak
saat ini dapat memberikan kemudahan bagi Anda yang jauh dari lokasi Show Room
atau yang tidak suka bepergian jauh sehingga Anda tetap bisa melakukan
transaksi jual-beli tanpa harus repot keluar rumah serta waktu yang terbuang,
cukup duduk manis didepan laptop kesayangan Anda barang yang Anda order akan
diantar ke rumah Anda, asik bukan..?
Nah berikut ini beberapa tips agar Anda terhindar dari penipuan dalam bertransaksi online, diantaranya:
1. Utamakan memilih WebStore yang sudah popular dan terpercaya, misalnya :
Nah berikut ini beberapa tips agar Anda terhindar dari penipuan dalam bertransaksi online, diantaranya:
1. Utamakan memilih WebStore yang sudah popular dan terpercaya, misalnya :
·
www.bhinneka.com (Toko Komputer
& Elektronik)
·
www.grandcellular.co.id (Toko
Handphone)
·
www.griyadannis.com
(Toko Baju MUSLIM)
·
www.bukukita.com (Toko Buku)
·
Dsb.
Kebanyakan webstore yang menggunakan TLD (Top Level Domain) .id
sudah dapat dipastikan perusahaan tersebut bukan fiktif, alias keberadaannya
sudah berbadan hukum, bisa berbentuk CV, PT dsb. Misalnya www.namadomain.co.id. / www.namadomain.com.
2. Kenali lebih dalam tentang Toko
Online tersebut.
Sebelum Anda menjatuhkan pilihan
untuk belanja di toko online tersebut alangkah baiknya Anda cek & ricek
dahulu, diantaranya:
- Cek Alamat
Webstore yang benar-benar dapat dipercaya pasti pada web tersebut akan menampilkan alamat fisik toko tersebut secara lengkap dan jelas, informasi ini biasanya terdapat pada link Tentang Kami, About Us, Hubungi Kami dsb.
- Nomor Telepon
Ini sangat penting, pastikan toko tersebut memiliki nomor telepon PSTN (bukan flexi) karena dari nomor telepon tersebut kita bisa cek alamat langsung melalui layanan TELKOM 108. Silahkan tanyakan langsung kepada petugas apakah sama alamat di website dengan yang diinformasikan dari TELKOM. Selanjutnya Anda bisa telepon langsung ke nomor tersebut untuk memastikan bahwa nomor tersebut memang milik toko tersebut.
- Rekening
Anda harus berpikir 2x jika ada webstore yang tidak mencantumkan Nomor Rekening apapun alasannya, jadi Toko Online yang dapat dipercaya pasti pada websitenya akan mencantumkan Nomor Rekening.
Webstore yang benar-benar dapat dipercaya pasti pada web tersebut akan menampilkan alamat fisik toko tersebut secara lengkap dan jelas, informasi ini biasanya terdapat pada link Tentang Kami, About Us, Hubungi Kami dsb.
- Nomor Telepon
Ini sangat penting, pastikan toko tersebut memiliki nomor telepon PSTN (bukan flexi) karena dari nomor telepon tersebut kita bisa cek alamat langsung melalui layanan TELKOM 108. Silahkan tanyakan langsung kepada petugas apakah sama alamat di website dengan yang diinformasikan dari TELKOM. Selanjutnya Anda bisa telepon langsung ke nomor tersebut untuk memastikan bahwa nomor tersebut memang milik toko tersebut.
- Rekening
Anda harus berpikir 2x jika ada webstore yang tidak mencantumkan Nomor Rekening apapun alasannya, jadi Toko Online yang dapat dipercaya pasti pada websitenya akan mencantumkan Nomor Rekening.
Anda juga bisa mengecek Alamat,
Nomor Telepon dan Rekening toko online tersebut melalui GOOGLE, bagaimana hasil
track record dari toko online tersebut.
3. Metode Transaksi Secara Online
3. Metode Transaksi Secara Online
Biasanya Toko Online memberikan
banyak cara untuk memudahkan customer dalam melakukan transaksi, diantaranya:
a. Via website langsung (Keranjang Belanja / Shpping Cart)
Cara ini sangat disarankan karena Anda dapat melihat history transaksi yang pernah Anda lakukan, transaksi berikutnya lebih cepat karena tidak perlu lagi menuliskan informasi alamat pengiriman Anda, mengubah alamat, dsb.
b. Chatting via Yahoo!Messenger
Anda juga bisa melakukan transaksi via YM, silahkan chatting langsung kepada Customer Service yang sedang online.
c. SMS
Jika Anda sedang tidak memiliki koneksi internet cara ini bisa jadi pilihan, pastikan bahwa nomor yang Anda tuju adalah benar sesuai dengan di website.
d. Email
Sama dengan SMS pastikan alamat email sesuai dengan di website.
e. Telepon
Cara ini biasanya dilakukan dalam keaadaan darurat karena metode ini memakan banyak biaya, namun dibandingkan Anda harus repot-repot datang langsung ke lokasi ShowRoom yang ada diluar kota cara ini masih tergolong hemat.
Cara ini sangat disarankan karena Anda dapat melihat history transaksi yang pernah Anda lakukan, transaksi berikutnya lebih cepat karena tidak perlu lagi menuliskan informasi alamat pengiriman Anda, mengubah alamat, dsb.
b. Chatting via Yahoo!Messenger
Anda juga bisa melakukan transaksi via YM, silahkan chatting langsung kepada Customer Service yang sedang online.
c. SMS
Jika Anda sedang tidak memiliki koneksi internet cara ini bisa jadi pilihan, pastikan bahwa nomor yang Anda tuju adalah benar sesuai dengan di website.
d. Email
Sama dengan SMS pastikan alamat email sesuai dengan di website.
e. Telepon
Cara ini biasanya dilakukan dalam keaadaan darurat karena metode ini memakan banyak biaya, namun dibandingkan Anda harus repot-repot datang langsung ke lokasi ShowRoom yang ada diluar kota cara ini masih tergolong hemat.
Dari beberapa cara diatas anda dapat
mengombinasikannya untuk mendapatkan respon cepat, namun Toko Online yang baik
akan selalu memantau dan merespon cepat apapun metode yang dilakukan oleh
pembeli.
4. Proses Transaksi Secara Online
4. Proses Transaksi Secara Online
1. Memilih Produk
Silahkan pilih produk yang Anda inginkan, sebelumnya tanyakan dulu kepada customer service apakah stok masih ada, garansinya bagaimana, warna, harga dsb.
2. Transfer Dana
Anda akan diberi tahu dari pihak toko berapa nilai uang yang harus ditransfer termasuk ongkos kirimnya bisa via SMS maupun Email. Pastikan Anda hanya mentransfer pada Nomor Rekening yang tercantum pada website tersebut.
3. Konfirmasi Transfer
Setelah Anda melakukan transfer konfirmasikan pembayaran kepada pihak toko via Telepon, SMS ataupun YM.
4. Pengiriman Barang
Setelah pihak toko mengecek bahwa dana sudah masuk ke rekening perusahaan, selanjutnya pesanan Anda akan dikirimkan ke alamat Anda melalui jasa kurir. Pastikan pihak toko memakai jasa kurir yang sudah terkemuka misalnya JNE, TIKI, Pos Indonesia dsb.
Anda berhak meminta Nomor Resi Pengiriman untuk mengecek status kiriman Anda, bisa melalui website ataupun telepon. Untuk JNE bisa cek melaui website www.jne.co.id.
5. Barang Sampai Ke Tangan Anda
Setelah barang Anda terima langsung dicek apakah barang sesuai dengan pesanan Anda, jika tidak langsung tanyakan kepada pihak Toko.
Silahkan pilih produk yang Anda inginkan, sebelumnya tanyakan dulu kepada customer service apakah stok masih ada, garansinya bagaimana, warna, harga dsb.
2. Transfer Dana
Anda akan diberi tahu dari pihak toko berapa nilai uang yang harus ditransfer termasuk ongkos kirimnya bisa via SMS maupun Email. Pastikan Anda hanya mentransfer pada Nomor Rekening yang tercantum pada website tersebut.
3. Konfirmasi Transfer
Setelah Anda melakukan transfer konfirmasikan pembayaran kepada pihak toko via Telepon, SMS ataupun YM.
4. Pengiriman Barang
Setelah pihak toko mengecek bahwa dana sudah masuk ke rekening perusahaan, selanjutnya pesanan Anda akan dikirimkan ke alamat Anda melalui jasa kurir. Pastikan pihak toko memakai jasa kurir yang sudah terkemuka misalnya JNE, TIKI, Pos Indonesia dsb.
Anda berhak meminta Nomor Resi Pengiriman untuk mengecek status kiriman Anda, bisa melalui website ataupun telepon. Untuk JNE bisa cek melaui website www.jne.co.id.
5. Barang Sampai Ke Tangan Anda
Setelah barang Anda terima langsung dicek apakah barang sesuai dengan pesanan Anda, jika tidak langsung tanyakan kepada pihak Toko.
Demikian
tips dari kami, semoga uraian yang singkat ini dapat membantu Anda yang akan
membeli produk kesayangan Anda secara online dan terhindar dari tindak penipuan.
Sumber :
Kaskus
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar apa saja.