Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Dasar-Dasar Internet

BAB I
DASAR-DASAR INTERNET
A. Pengertian Internet & Intranet
1. Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). Sedangkan, network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antarkomputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). LAN menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.

Gambaran sederhana dari Internet adalah beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Kemudian, sejumlah network (jaringan komputer) digabung dan dihubung-hubungkan lagi sehingga jadilah Internet. Jadi, pengertian Internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan, pengertian Internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, Internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet.
Untuk mendapatkan akses Internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kamu akan mendapatkan jalur Internet (online) setelah menghubungkan komputermu dengan komputer servernya. Hubungan (koneksi) antara komputer pengguna dengan komputer server perusahaan ISP tersebut biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial up) dengan menggunakan peralatan modem. Melalui komputer server yang dimiliki oleh ISP itu, kamu dapat terhubung dengan jaringan komputer sedunia (Internet).
Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.
Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer yang berada di ratusan negara dan departemen atau instansi, baik swasta maupun pemerintah. Melalui Internet, siapa pun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dan berbagai tempat. Informasi yang dapat diakses dapat berupa teks, grafik, suara, maupun video. Siapa pun yang terhubung ke dalam jaringan dapat memperoleh atau memberikan informasi karena Internet menyediakan fasilitas-fasilitas yang memungkinkan setiap pengakses untuk berbagi informasi. Jaringan Internet dapat pula berfungsi sebagai media konferensi. Sejumlah orang dapat melakukan diskusi dan komunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung satu dengan yang lainnya, tetapi hanya melalui layar komputer pribadi masing-masing.
2. Intranet
Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan Intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh Internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya. Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, Intranet juga dapat terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internet working) melalui backbone Internet.
Intranet sangat mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan, dandikonfigurasi ulang. Salah satu hal yang terpenting dalam Intranet adalahkeamanan jaringan (network security). Isu ini sangat sensitif karena jaringantelekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (public servicecommunication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan, seperti firewall dan enkripsi sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketika diterapkan dalam Intranet.
Intranet mulai didengung-dengungkan pada pertengahan 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan. Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Artinya, semua fasilitas Internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas.
Dalam perkembangannya, VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah Intranet dengan jangkauan yang luas melalui jaringan Internet. Intranet sudah menjadi komponen penting dalam suatu perusahaan dewasa ini. Intranet dalam perusahaan akan berkembang sesuai dengan perkembangan perusahaan tersebut. Dengan kata lain, semakin besar suatu perusahaan, maka Intranet yang diperlukan juga semakin besar. Permasalahan ini akan semakin kompleks apabila perusahaan tersebut mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar di berbagai kota dengan jarak yang jauh. Sedangkan, di lain pihak seluruh kantor tersebut memerlukan suatu metode untuk selalu berhubungan, misalnya untuk transfer dan sinkronisasi data.
Ada beberapa alasan mengapa suatu organisasi menggunakan Intranet, di antaranya adalah sebagai berikut:
1)    Memungkinkan keterpaduan yang mudah antara e-mail internal dan eksternal.
2)    Memungkinkan dipergunakannya perangkat lunak yang mudah, berkemampuan cukup, serta terjangkau biayanya maupun teknologi penyimpanan, pencarian kembali, mengkomunikasikan, dan mengolah sumber-sumber informasi organisasi.
3)    Memungkinkan kemudahan dalam akses pada berbagai sumber yang menarik dari internet, khususnya materi yang dipublikasikan pada World Wide Web.
Penggunaan Intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut:
1)    Produktivitas kerja. Adanya Intranet dapat membantu pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan mereka untuk menunjang peran dan tanggung jawabnya masing-masing.
2)    Pemanfaatan waktu. Melalui Intranet, pegawai organisasi dapat memperoleh akses informasi kapanpun sehingga terjadi efisiensi waktu. Organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara aktual.
3)    Komunikasi. Adanya Intranet dapat memudahkan komunikasi antarbagian dari suatu organisasi, baik secara horizontal atau vertikal.
4)    Operasi dan manajemen. Intranet dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara internal maupun antarorganisasi.
5)    Kerangka perubahan budaya kerja. Melalui Intranet, pegawaipegawaiorganisasi dapat terhubung dan bekerja sama dalam dunia maya sehingga memungkinkan munculnya pemikiran atau ide untuk pengembangan organisasi.

B. Sejarah Perkembangan Internet
Internet yang dikenal pada saat ini merupakan pengembangan dari sebuah jaringan yang disebut ARPANet (Advanced Research Projects Agency). ARPANet dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak 1969. Pada awal 1980-an, ARPANet terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANet dan MILNet (jaringan militer rahasia), akan tetapi keduanya masih mempunyai hubungan sehingga komunikasi antarjaringan
tetap dapat dilakukan.
Pada mulanya, jaringan ini disebut DARPA Internet, tetapi kemudian disebut sebagai Internet saja. Di awal penggunaannya, akses Internet hanya terbatas untuk kalangan militer, Departemen Pertahanan, dan Perguruan Tinggi. Namun, setelah dibukanya layanan USENet dan BITNet, Internet dapat diakses melalui sarana komputer pribadi. Selanjutnya, protokol TCP/IP diperkenalkan pada 1982, dan disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984.
Pada 1990, Internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada masa ini, World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Swiss). Barulah pada 1992 muncul World Wide Web pertama dengan nama Viola yang diluncurkan oleh Pei Wei. Berikutnya, InterNIC didirikan pada 1993 untuk menjalankan layanan pendaftaran domain.
Penggunaan Internet secara komersial dimulai pada 1994 yang dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Pada masa ini, masyarakat di Indonesia mulai menikmati penggunaan Internet secara komersial. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum.
C. Istilah-Istilah dalam Internet
Beberapa istilah yang berhubungan dengan Internet dan penggunaanya akan dijelaskan berikut ini untuk membantu pengguna Internet dalam memahami dunia Internet.
1)      Web
Web, berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui Internet. Web merupakan bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.
2)      WWW (world wide web)
WWW merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara missal di seluruh dunia. Di dalam WWW, semua dokumen, menu, indeks, dan lainlain ditampilkan kepada para pengguna Internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.
3)      Web Site
Web site merupakan sebuah alamat di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Contohnya: http://www.yahoo.com, http://www.google.com, dan http://www.detik.com.
4)      Web Page
Web page merupakan bagian dari web site yang merupakan lembaranlembaran halaman sebuah web site.
5)      Homepage
Homepage adalah halaman muka sebuah web site, berisi link-link ke halaman yang lain dalam web site yang sama atau web site lainnya. Jika dianalogikan, homepage sama dengan daftar isi sebuah buku yang memuat outline buku.
6)      Browser
Browser adalah aplikasi di Internet yang dipakai untuk menjelajah dunia Internet. Contohnya: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, dan sebagainya.
7)      Download
Download adalah pengambilan data atau informasi dari sebuah web site untuk ditampilkan atau disimpan di komputer pengguna.
8)      Upload
Upload merupakan pengiriman data dan informasi dari komputer pengguna ke suatu web site.
9)      E-mail
E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima melalui Internet.
10)   URL (Universal Resource Locator)
URL adalah sistem penamaan alamat situs web. Oleh karena itu, URLsering pula dinamakan Internet address (alamat Internet). Setiap protokol bahasa mempunyai sistem penulisan alamat yang berbeda-beda. Alamat sebuah web site di Internet dapat dijelajah melalui URL.
11)   HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
HTTP merupakan salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antarserver komputer dalam Internet. Dapat pula dikatakan bahwa HTTP merupakan bagian dari URL yang mengidentifikasi lokasi website.
12)   Hub
Hub merupakan alat yang berfungsi sebagai pusat suatu jaringan. Koneksi jaringan didistribusikan melalui hub.
13)   Client
Client adalah komputer pengakses Internet, biasanya dipakai oleh pengguna.
14)   Server
Server adalah komputer penyedia data dan informasi yang akan diaksesoleh client.
15)   Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan alat yang diperlukan oleh sebuah komputer untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan Internet. Modem dapat mengubah data serial yang dimiliki oleh komputer menjadi sinyal audio yang dimiliki oleh kabel telepon, atau dari sinyal audio menjadi data serial.
16)   HTML (Hypertext Mark up Language)
HTML merupakan standar format untuk dokumen hypertext.
17)   Hypertext
Hypertext merupakan serangkaian kata pada dokumen html yang mempunyai hubungan (link) dengan dokumen html lain.
18)   Hyperlink
Hyperlink ini merupakan fasilitas untuk mereferensikan atau menghubungkan sebuah kata, kalimat, simbol, gambar dengan alamatalamat di Internet. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarna biru, seperti Klik di sini. Namun, tanda utama dari sebuah link (link teks atau link gambar) adalah berubahnya kursor mouse
menjadi tangan dengan jari telunjuk jika diletakkan di atas link tersebut. Jika sebuah link diklik, maka program browser akan membuka dokumen atau file yang ditunjuk oleh link tersebut.
19)   Protokol
Protokol adalah sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua atau lebih komputer saling berkomunikasi.
20)   Alamat IP
Alamat IP merupakan identitas komputer dalam jaringan yang terdiri dari empat bagian (mulai angka 1 sampai 255). Contohnya adalah 101.09.45.015.
21)   ISP (Internet Service Provider)
ISP merupakan perusahaan atau lembaga penyedia jasa layanan Internet, seperti Wasantara, Indosatnet, Telkomnet, dan sebagainya.
22)   Search Engine
Search engine merupakan aplikasi pencari data, informasi, alamat website lain melalui input kata kunci dan fitur lainnya.
23) Mailing List
      Mailing list merupakan suatu forum atau kelompok diskusi di Internet yang dapat saling bertukar informasi antarsesama anggota.
24) Chatting
      Chatting adalah ngobrol di internet, baik melalui tulisan, suara, maupun video seperti berbicara bertatapan muka.
D. Keunggulan dan Kelemahan Internet
Di masa sekarang ini, sudah banyak orang yang menggunakan Internet untuk berbagai keperluan. Penggunaan Internet memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah:
1)      Proses komunikasi akan menjadi lebih lancar karena dapat saling bertukar pesan melalui e-mail atau teleconference yang digunakan sebagai sarana pertemuan atau rapat.
2)      Adanya Internet lebih memudahkan untuk melindungi data karena kamu dapat menyimpan data di e-mail dengan aman, tanpa dapat diakses oleh orang lain jika tidak diketahui user id dan password e-mail yang kamu buat.
3)      Data yang didistribusikan melalui Internet akan lebih cepat terdistribusikan.  Alasan yang mendasari orang-orang untuk menggunakan Internet adalah keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, di samping ada juga kelemahan penggunaan Internet. Berikut ini adalah keunggulan dan kelemahan dari Internet.
1. Keunggulan Internet
Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Internet adalah sebagai berikut:
1)      Jangkauan Internet bersifat umum, artinya tidak mengenal tempat, waktu, dan jalur birokrasi. Setiap orang di seluruh dunia ini dapat mengakses Internet secara bebas untuk mencari dan menyebarkan informasi, membuat promosi produk barang dan jasa, atau berkomunikasi dengan rekannya.
2)      Akses Internet tidak dibatasi oleh waktu, artinya setiap waktu kamu dapat mengakses Internet karena Internet selalu online selama 24 jam dalam sehari.
3)      Efektivitas dan efisiensi Internet dalam menyelesaikan pekerjaan menjadi daya tarik orang-orang untuk menggunakan Internet. Internet dapat membantu mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
4)      Komunikasi melalui Internet dengan pengguna lain yang berada di tempat yang jauh menjadi lebih interaktif dan fleksibel. Fasilitas chatting dan teleconference memungkinkan pengguna Internet untuk berkomunikasi dengan tulisan dan berbicara sambil bertatap muka, seolah-olah lawan bicara berada di hadapannya.
2. Kelemahan Internet
Selain memiliki keunggulan, Internet juga memiliki kelemahan. Beberapa kelemahan Internet adalah sebagai berikut:
  1. Adanya penyebaran virus komputer melalui Internet. Ancaman virus komputer yang disebarkan melalui Internet menjadi masalah yang serius
  2. bagi komputer pengguna.
  3. Banyaknya pengguna yang mengakses Internet dalam waktu bersamaan akan memperlambat akses Internet.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita