Surat elektronik atau pos elektronik
dalam bahasa Inggris disebut e-mail. Pengertian e-mail adalah sarana
kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa, umumnya
pengirim perlu membayar biaya per pengiriman (dengan membeli perangko).
Tetapi, surat elektronik umumnya mengeluarkan biaya hanya untuk
membayar sambungan Internet, kecuali e-mail ke telepon genggam, kadang
pembayarannya ditagih per pengiriman.
Pada dasarnya prinsip e-mail hampir
sama dengan pengiriman surat melalui pos biasa. Melalui pos, kita
mengirimkan surat kita yang sudah dibubuhi alamat tujuan ke kantor pos.
Namun kita tidak tahu kapan surat tersebut akan sampai pada tujuan,
tetapi apabila kita menggunakan e-mail maka kita akan tahu apakah surat
kita bisa sampai atau tidak, karena dengan e-mail kita dapat mengirimkan
surat ke tujuan yang kita inginkan dengan waktu yang sangat singkat
dengan hitungan beberapa detik saja.
E-mail sudah mulai dipakai pada
1960-an. Pada saat itu, Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah
kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai 1980-an,
e-mail sudah dapat dinikmati oleh khalayak umum. Hal ini mengakibatkan
banyak perusahaan pos di berbagai negara yang penghasilannya menurun
karena masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi. Agar dapat
menggunakan e-mail, maka seseorang harus mempunyai alamat e-mail
terlebih dahulu. Anatomi alamat e-mail adalah sebagai berikut: budi_armanto@yahoo.co.id
Keterangan:budi_armanto@yahoo.co.id adalah alamat e-mailnya.
budi_armanto: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) atau juga disebut dengan ID yang ingin dituju dalam mailserver.
yahoo.co.id : nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:yahoo : nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan.
co : second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori coorporate (co).
id : top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id).
B. Jenis-jenis Email
Electronic mail (e-mail) terdiri dari
tiga jenis layanan e-mail, yaitu ; POP mail, e-mail forwarding, dan
e-mail berbasis web. Ketiga jenis e-mail tersebut memiliki kelebihan dan
kekurangan masing-masing.
1. E-mail Berbasis Web (Web Mail)
Web Mail adalah e-mail yang banyak
ditawarkan oleh berbagai situs bebas seperti yahoo, hotmail, catcha,
lycos, dan lain-lain yang bersifat gratis. Kelebihan dari e-mail jenis
web mail adalah bahwa kita bisa mengecek e-mail dari mana saja.
Sedangkan kekurangan dari e-mail berbasis web adalah untuk mengecek
e-mail, kita harus selalu terhubung dengan internet. Maka bagi kita yang
menerima puluhan e-mail atau bahkan ratusan e-mail tentu akan terasa
kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus
selalu terhubung ke internet).
2. E-mail Forwarding
Pada prinsipnya e-mail forwarding
ini merupakan layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang dikirim ke
account e-mail kita yang lain. Jadi, manfaat e-mail forwarding akan
terasa bagi kita yang belum menemukan layanan e-mail yang cocok atau
suka gonta ganti e-mail.
Kelebihan e-mail jenis ini antara
lain; kita bisa menyembunyikan alamat alamat email kita yang
sesungguhnya. Selain itu kita juga tidak perlu memberi tahu e-mail kita
yang baru (jika kita sering gonta-ganti e-mail). Kita cukup memberikan
alamat e-mail forwardingnya saja. Sedangkan kekurangannya adalah karena
bersifat sebagai perantara, maka e-mail tersebut akan membutuhkan waktu
yang lebih lama untuk sampai ketujuan.
3. POP Mail
POP Mail adalah e-mail yang kita terima dari ISP. Kelebihan e-mail jenis ini adalah dapat dibaca secara Offline
(tidak terhubung dengan internet). Untuk memeriksa e-mail jenis ini,
kita terlebih dahulu harus terhubung ke server POP mail, kemudian
mendownload seluruh e-mail yang ada. Walaupun kita sudah offline, kita
masih bisa membaca e-mail tersebut. Sedangkan kekurangannya adalah kita
tidak bisa memeriksa e-mail di sembarang tempat atau di warnet lain.
Untuk menjalankan POP mail kita harus menggunakan program client mail
seperti Microsoft Outlook.
C. Membuat Alamat E-mail di Webmail Yahoo.Langkah-langkahnya:
1). Bukalah situs Yahoo mail alamatnya adalah: mail.yahoo.co.id
2). Klik Buat Account Baru
3). Isilah formulir data registrasi Yahoo
Mail dengan benar, seperti ; Nama depan, nama belakang, ID Yahoo, Kata
sandi, jenis kelamin, tanggal lahir, dan lain-lain dan juga semua semua
field isian. Jika ada yang terlewat, maka akan keluar pesan kesalahan.
4). Setelah pengisian Form Registrasi selesai, selanjutnya klik kotak Buat Akun Saya5). Isi pertanyaan rahasia
6). Isikan kode captcha kedalam kotak yang disediakan.
7). Klik Kotak Selesai
8). Tunggu hingga muncul pesan Konfirmasi
yang menyatakan bahwa anda berhasil mendapatkan alamat email di yahoo,
silahkan catat data detail akun anda dan selanjutnya anda bisa langsung
Login (masuk) ke mailbox anda dengan meng-Klik Kotak Persiapan Awal
D. Sign in (Login) ke Alamat Email, membuka Email dan men-download Lampiran di Yahoo indonesiaLangkah-langkahnya:
1). Bukalah situs Yahoo mail, alamatnya adalah: mail.yahoo.co.id
2). Masukkan ID (username) dan Kata Sandi Yahoo anda kedalam kotak yang tersedia.
3). Klik Kotak Sign in
4). Klik pada pilihan kotak masuk, maka daftar e-mail masuk akan ditampilkan.
5). Pilih dan Klik email-email masuk untuk dibaca, maka email-email yang dipilih akan ditampilkan pada tab-tab email.
6). Untuk men-download Lampiran, arahkan Pointer mouse ke lampiran lalu Klik Simpan di Komputer
7). Pilih Save File lalu Klik OK
8). Klik kanan Mouse pada kotak Download yang muncul di layar, lalu Klik Open Containing Folder (untuk dibaca atau dipindahkan ke Folder lain).
9). Klik Sign Out.E. Menulis Email, Mengirimkan Email dan melampirkan file di webmail Yahoo
Langkah-langkahnya:
1). Bukalah situs Yahoo mail, alamatnya adalah: mail.yahoo.co.id
2). Masukkan ID (username) dan Kata Sandi Yahoo anda kedalam kotak yang tersedia.
3). Klik Kotak Sign in
4). Klik pada Link Tulis
5). Tuliskan alamat email yang akan dituju di Kotak Ke (To) dan Judul email di Kotak Judul (Subject)
6). Tulis pesan di kotak pesan
7). Apabila ingin melampirkan lampiran (berupa Dokumen, Gambar, Video), maka klik gambar ikon klip kertas (Lampirkan File).
8). Pilih File yang akan di lampirkan, tunggu hingga file selesai dilampirkan.
9). Lalu Klik Link Kirim
10). Klik Sign Out
F. Setting Email Client Microsoft Outlook 2007 secara Otomatis (PC Harus tersambung dengan Internet)
Langkah-langkahnya:
1). Klik Start pada Dekstop
2). Klik All Program
3). Klik Microsoft Office lalu klik Microsoft Office Outlook 2007
4). Klik Tools, lalu klik Account Settings
5). Klik New, lalu isikan: nama anda pada kotak Your Name, Email anda pada kotak E-mail Address, Password anda pada kotak Password, Password lagi pada kotak Retype Password
6). Klik Next
7). Tunggu hingga Outlook selesai melakukan setting Konfigurasi
8). Setelah selesai Stting Konfigurasi, Klik Finish
9). Klik Email anda yang terdapat pada kotak lalu Klik Change
10). Klik More Setting
11). Klik Kotak Leave a copy of messages on the server
sehingga tercentang jika anda ingin men-download pesan dan meninggalkan
salinannya di server, dan biarkan kotak tersebut tetap kosong jika
anda ingin men-download pesan dan mengosongkan server (mailbox).
12). Klik OK13). Klik Next
14). Klik Finish
15). Klik Close
16). Klik Send/Receive, tunggu hingga Outlook mengirim dan menerima semua pesan.
17). Klik File lalu Klik Exit untuk keluar dari Outlook.
G. Setting Email Client Microsoft Outlook 2007 Secara manual
Langkah-langkahnya:
- Klik Start pada Dekstop
- Klik All Program
- Klik Microsoft Office lalu klik Microsoft Office Outlook 2007
- Klik Tools, lalu klik Account Settings
- Klik New
- Klik Kotak Manually configure settings or additional server types lalu Klik Next
- Klik Next
- Isi Form sesuai dengan yang diinginkan
Your Name: Isikan nama anda (Mis. Andi Purwo )
Your Email: Isikan alamat email lengkap anda (Mis. andipurwo@yahoo.co.id)
Account Type: POP3
Incoming mail server: pop.mail.yahoo.co.id
Outgoing mail server (SMTP): smtp.mail.yahoo.co.id
User name: andipurwo
Pasword: Isikan password email anda - Klik More Setting
- Pada Tab General Tulis nama Anda (Mis. Andi Purwo)di Kotak Di bawah Tulisan Mail Account (biasanya dikotak itu sudah tercantum alamat email, ganti alamat email tersebut dengan nama anda)
- Klik Outgoing Server lalu Klik Kotak My outgoing server (SMTP) requires authentication
- Klik Advanced lalu Klik Kotak Leave a copy of messages on the server sehingga tercentang jika anda ingin men-download pesan dan meninggalkan salinannya di server, dan biarkan kotak tersebut jika anda ingin men-download pesan dan mengosongkan server (mailbox).
- Klik OK
- Klik Next
- Klik Finish
- Klik Close
- Klik Send/Receive, tunggu hingga Outlook mengirim dan menerima semua pesan.
- Klik File lalu Klik Exit untuk keluar dari Outlook.
Langkah-langkahnya:
1). Klik New
2). Ketik alamat email yang dituju pada kotak To
3). Ketik Judul email di Kotak Subject
4). Ketik Pesan di area pengetikan pesan
5). Klik Ikon Attach File apabila ingin melampirkan File
6). Pilih File yang akan di lampirkan, lalu Klik kotak Insert, tunggu hingga file selesai dilampirkan.
7). Lalu Klik Kotak Send
8). Apabila gagal Klik ikon Send/Receive.
9). Klik File lalu Klik Exit untuk keluar dari Outlook.
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar apa saja.