Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Mesin Pencari (Search Engine)

MESIN PENCARI ( SEARCH ENGJNE )
Kita memerlukan Search Engine karena alamat-alamat situs web yang ada di Internet sangat banyak, bisa berjumlah jutaan, dan tentu saja kita tidak bisa mengingat satu persatu alamat website yang memuat informasi yang sedang kita cari. search engine menyediakan fasilitas untuk pencarian halaman-halaman website berdasarkan keyword atau kata kunci yang kita masukkan.
Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi, milis ataupun newsgroup dalam sebuah ataupun sejumlah komputer penyedia dalam suatu jaringan.

Hasil pencarian search engine umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai Hits.
Untuk mempercepat pencarian Search engine mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut algoritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat tergantung kepada cara pengindekan dan algoritma pencarian yang digunakan.
Pada umumnya Mesin Pencari mempunyai Struktur dasar sebagai berikut:
  1. Kotak teks pencarian. Kotak teks digunakan sebagai tempat untuk memasukkan katakunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian.
  2. Tombol pencarian. Adalah tombol untuk menjalankan perintah pencarian.
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tags). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya.
Alamat-alamat website yang menyediakan yang menyediakan fasilitas Search Engine atau termasuk perangkat lunakSearch Engine (mesin pencari) adalah sebagai berikut: http://www.google.com, http://www.yahoo.com, search.msn.comhttp://www.altavista.com, ww.excite.com, http://www.scirus.com dan sebagainya.
Menggunakan Search Engine
1. Mencari Informasi tertentu
    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Ketikkan kata kunci dari informasi yang akan di cari, lalu Klik kotak Penelusuran, tunggu hingga hasil penelusuran muncul di layar monitor. Berikutnya arahkan pointer mouse ke arah teks link yang ingin ditampilkan hingga pointer mouse berubah bentuk menjadi jari telunjuk, selanjutnya klik Teks Link tersebut atau klik kanan pada teks link yang ditunjuk tersebut, lalu klik Open in New Tab jika ingin menampilkan hasil penelusuran pada Tab baru.
1.Mencari Informasi tertentu
    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Ketikkan nama lembaga yang akan kita cari, misalnya SMA Taruna Nusantara Magelang pada kotak teks pencarian, lalu klik kotak Saya lagi Beruntung (I’m feeling lucky)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita