Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Cara Membuat Proposal – Tips Membuat Proposal yang Baik

cara membuat proposal bisnisCara membuat proposal untuk tujuan apapun isinya hampir mirip. Intinya adalah ada yang Anda usulkan, ajukan atau mohonkan dalam proposal tersebut kepada pihak terkait. Tidak jarang, kesuksesan atas apa yang Anda usulkan, ajukan atau mohonkan tersebut sangat bergantung pada kualitas proposal. Membuat proposal yang berkualitas memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan jelas dalam proposal Anda untuk menjaga kualitas proposal tersebut.


Hal – Hal yang Harus Diperhatikan dalam Cara Membuat Proposal

Beberapa hal di bawah ini adalah hal – hal spele yang sering diabaikan padahal sangat penting dalam pembuatan proposal. Berikut penjelasannya:
cara membuat proposal bisnis

- Ejaan Bahasa Indonesia

Ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat lah penting dalam penulisan segala bentuk tulisan, termasuk didalamnya cara membuat proposal. Ejaan yang salah ataupun salah ketik bisa membuat image proposal yang Anda buat turun drastis dan membuat pihak yang membaca tidak tertarik dengan proposal yang anda buat. Bagi sebagian besar orang, ejaan EYD yang baik dan benar ini bahkan dianggap sebagai salah satu bentuk untuk menilai keseriusan dan ketelitian Anda dalam membuat proposal. Jadi semakin banyak ejaan yang salah pada proposal Anda, maka Anda akan semakin dianggap orang yang tidak serius, lalai dan juga ceroboh.

- Estimasi Biaya yang Masuk Akal

Estimasi biaya adalah hal yang sangat krusial atau penting dalam sebuah proposal pengajuan permohonan dana ataupun kegiatan lainnya. Beberapa orang sering kali seenaknya saja menuliskan anggaran tanpa survey harga terlebih dahulu sehingga beberapa estimasi biaya bisa terlihat mengada – ngada. Estimasi biaya yang tidak masuk akal ini bisa membuat pihak yang diajukan proposal oleh Anda curiga dan tidak percaya pada Anda. Buatlah estimasi anggaran yang masuk akal dan sesuai dengan apa yang terjadi di pasaran.

- Struktur dalam Proposal

Hal yang ketiga yang perlu diperhatikan adalah struktur dalam proposal. Struktur dalam proposal tidak hanya berkaitan dengan susunan bab maupun sub bab yang harus ditulis tapi juga berkenaan dengan rangkaian satu paragraph dengan paragraph lainnya. Ingat bahwa satu paragraph hanya mengandung satu ide pokok. Sehingga pada saat penulisan, maksud yang Anda ingin sampaikan dapat tersampaikan dengan baik dalam susunan paragraph yang koheren dan kohesif. Susunan kalimat ataupun yang memutar – mutar, tidak to the point dan tidak tepat dalam sebuah proposal bisa membuat proposal Anda diacuhkan begitu saja oleh pihak yang diajukan.

- Data yang Terperinci dan Jelas

Dalam sebuah proposal tentunya Anda perlu menyampaikan semua data dengan jelas, terperinci dan terpercaya. Jika pada latar belakang Anda menuliskan sedikit data lapangan, maka pastikan dari mana Anda mendapatkan sumber data tersebut. Apalagi soal data keuangan atau estimasi biaya untuk tujuan permohonan dana. Anda perlu menuliskannya serinci mungkin sehingga pihak pemberi donor percaya dan mengetahui akan dipakai apa saja dana yang diberikannya tersebut. Data mengenai institusi atau kepanitaan Anda pun harus jelas tertera di setiap lembar proposal. Hal ini akan memudahkan dan membantu pihak – pihakterkait untuk bisa segera menghubungi Anda.
Cara Membuat Proposal
Cara Membuat Proposal
Semua itu tadi merupakan hal – hal spele yang sering diabaikan atau dilupakan dalam cara membuat proposal sehingga proposal yang dibuat tidak maksimal. Oleh karena itu, demi kesuksesan kegiatan, usaha, dan lainnya milik Anda yang diajukan dalam proposal ini, Anda perlu membuat proposal yang baik dan benar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita