Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

QR Code , itu Apa Yang Dimaksud QR Code ?


Baru - baru ini teknologi banyak yang menggunakan kelebihan dari sebuah QR Code. Seperti PIN BB yang sudah bisa di simpan dalam sebuah QR code. Namun Sebenarnya Apa Yang Dimaksud QR Code itu sendiri?
Dari rasa penasaran itu saya mencari informasi dan jawaban atas rasa penasaran saya. Saya mencari informasi di internet dan mencoba menanyakan sama google dengan keywoard apa itu QR code. Alhasil banya artiker yang bermunculan yang menjelaskan tentang QR code itu sendiri.
Dalam penerapannya pada smart phone blackberry pada aplikasi BBM nya QR Code juga ditanamkan pada android dengan aplikasi yang sama yaitu BBM android. User tibak perlu menghafal nomer PIN BB mereka, namun cukup dengan menyecan QR code dengan kamera HP user lain maka secara otomatis user akan meng-add PIN dari QR code yang di sorot kamera. 
Secara garsi besar Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR
merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR#Definisi )

Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode batang. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat ( http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR #Kelebihan_kode_QR)
Oke demikian hasil pencarian saya tentang QR Code dan saya sharingkan langsung pada blogsaya dan saya sebarkan beserta sumbernya. Jika masih kurang puas denga hasil pencarian dan artikel saya ini silahkan anda bisa mencari dan menggalinya lebih dalam dengan browsing di google.
semoga artikel ini bermanfaat,,,,,,,,
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita