Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Memanfaatkan Jejaring Sosial untuk Bisnis


proposal-bisnis-it


Memanfaatkan jejaring sosial untuk bisnis bisa dikatakan selalu menjadi daftar wajib. Ketika Anda membaca tips-tips terkait bisnis, mendatangi berbagai seminar dan sebagainya – hampir tidak ada yang tidak menyinggung mengenai jejaring sosial. Tidak heran karena penggunaan jejaring sosial itu sendiri sudah menjadi hal yang umum dan bahkan wajib oleh setiap kalangan – tua, muda dan dari berbagai latar belakang.

Apakah usaha tersebut memang menjual produk sendiri ataukah Anda sedang bergabung di bisnis multi-level marketing, semuanya butuh pemasaran. Namun pemasaran di sini tidak hanya mencakup LANGSUNG menjual produk tetapi menjalin engagement dengan calon prospek Anda. Sebagai contoh, untuk bisnis MLM kita perlu jejaring sosial sebagai media komunikasi baik perorangan ataupum masuk ke berbagai komunitas. Dengan begitu, Anda akan memperoleh banyak teman dan informasi yang bisa bermanfaat bagi diri Anda dan perkembangan bisnis.
Memanfaatkan Jejaring Sosial oleh Siapa Saja
Baik perusahaan besar ataupun kecil sekarang telah memanfaatkan jejaring sosial sebagai salah satu cara promosi efektif mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang akhirnya menjadikan jejaring sosial dan dunia Internet sebagai media utama mereka sehingga sudah bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.
Namun, mari kita bahas mengenai penggunaan jejaring sosial untuk usaha yang baru dirintis atau bisnis kecil. Manfaat Internet dan jejaring sosial pada khususnya menciptakan pasar kompetitif yang memberikan bisnis kecil berkesempatan bertumbuh cepat menjadi bisnis yang lebih besar lagi!
Internet beserta jejaring sosial yang ada di dalamnya sangat membuka kesempatan bagi siapa saja. Yang penting adalah:
Penting! Anda harus AKTIF di dunia Internet. Lucu juga ya kalau Anda membuka lapak di jejaring sosial, eh Anda tidak menjaganya. Sama halnya dengan membuka toko offline namun Anda tidak membuka toko tersebut.
Apa saja keuntungan ketika Anda memanfaatkan jejaring sosial? Berikut beberapa manfaat tersebut:
  1. Khususnya Anda yang memulai bisnis kecil dapat menekan biaya promosi dengan menggunakan jejaring sosial. Tidak butuh biaya yang begitu besar, namun yang penting adalah Anda keuletan dan keaktifan kita untuk memasarkan produk kita di jejaring sosial.
  2. Pangsa pasar yang luas dan tidak terbatas ruang dan waktu. Anda tidak perlu datang ke satu kota untuk berpromosi ke kota tersebut, cukup memanfaatkan jejaring sosial agar bisa konek dengan warga kota tersebut.
Tentu ada caranya pula untuk memanfaatkan jejaring sosial secara efektif, apa saja itu?
  1. Anda bisa mempromosikan kelebihan produk Anda. Jika punya website khusus, maka cara yang paling mudah adalah ketikkan link website tersebut di situs jejaring sosial tersebut.
  2. Namun tidak cukup hanya melakukan promosi, adalah lebih baik jika Anda mulai membantu calon konsumen Anda terlebih dahulu. Caranya adalah memberikan tips-tips yang terkait dengan produk Anda. Dengan begitu, merekapun akan lebih ‘ngeh’ lagi menyoal produk Anda.
  3.  Bangun engagement antara Anda dan (calon) konsumen. Anda bisa membangun komunikasi interaktif, jadi tidak hanya Anda saja yang ‘ngomong’ tetapi juga menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.
  4. After-selling juga patut untuk diperhatikan. Merupakan bagian dari engagement pula, Anda bisa menanyakan tentang produk Anda kepada konsumen Anda yang telah membeli.
Jadi, dengan begitu memanfaatkan jejaring sosial bagi bisnis Anda akan jauh lebih efektif lagi. Target market yang pas juga akan ditemukan, tentu hal ini akan menjadi kepuasan tersendiri karena hasil Anda maksimal dengan CARA YANG MAKSIMAL pula.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita