Agen
asuransi di Indo dapat komisi tidak wajar 30-40 % yang jelas sangat
merugikan konsumen di Indo. Masalah ini belum pernah di ungkap di media,
sudah saatnya praktek tidak fair ini dihentikan apalagi saat ini
seluruh nasabah asuransi + LINK rugi besar 40-50 % akibat krisis global
dan janji-janji manis Agen asuransi.... terutama yang dari Asing.....
AIG, Prudential dll.
Saya lihat di internet dan menemukan nasabah yang complain :
http://suarapembaca.detik..com/read/2...ran-prudential
Jumat, 26/09/2008 15:14 WIB
'Arisan Lebaran' Prudential
Suryanto - suaraPembaca
/ist.
Jakarta - Saya merasa sudah dibohongi oleh Prudential melalui produk
asuransi dan investasinya. Pada bulan September 2007 saya memutuskan
untuk ikut asuransi Prudential yang sudah termasuk juga investasi.
Kemudian saya menyetorkan sejumlah uang sekaligus ke rekening
Prudential.
Uang saya itu kemudian dibelikan unit asuransi
setelah dipotong 10 juta dan biaya lainnya 3 juta. Saya diberitahu bahwa
untuk 2 tahun pertama saya dipotong 10 juta tiap tahunnya plus biaya 3j
uta. Setelah itu tidak ada biaya tambahan lagi.
Ada beberapa hal
yang membuat saya merasa dibohongi oleh Prudential dan saya yakin
customer lain pun juga pasti tidak memperhatikannya.
Pertama,
saya berpikir bahwa uang yang dipotong tersebut adalah biaya asuransi
saya untuk 10 tahun (besarnya 20 juta gitu loh, 10 juta tahun pertama
dan 10 juta lagi tahun kedua plus 3 juta biaya administrasi).
Tetapi,
ternyata bahwa uang sebesar itu adalah untuk biaya komisi sales (luar
biasa besarnya, pantas saja semua berlomba-lomba jadi sales asuransi
Prudential), biaya provisi, akuisisi, dan lain-lain. Untuk biaya
asuransi saya ternyata uang saya tetap dipotong tiap-tiap bulannya.
Kita
tidak pernah tahu biaya itu kalau harga unit yang kita beli naik terus
dan mencukupi untuk biaya tersebut. Tetapi, apabila harganya tidak naik
atau malah turun otomatis uang kita dipotong lagi.
Saya baru
mengetahui hal ini karena kebetulan sekarang harga unitnya turun
drastis. Padahal apabila saya mengikuti asuransi yang biasa saja dengan
uang segitu saya sudah bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang
benar-benar wah.
Kedua, pada waktu pertama kali masuk asuransi
saya diberikan ilustrasi manfaat berupa tabel perkembangan investasi
kita menurut beberapa tingkat bunga. Salesnya berkata bahwa investasinya
pasti menguntungkan karena kalau pun tingkat bunganya paling rendah pun
(12%) kita masih bisa untung.
Dengan didukung tim pengelola
keuangan yang sudah sangat berpengalaman dikatakan pula bahwa
serendah-rendahnya tingkat bunga, untuk 1 tahun pertama pun ada
keuntungan yang lebih besar dibandingkan kita memasukkannya ke deposito.
Tetapi, ternyata bukannya mendapat untung. Uang saya malah berkurang
jauh (tahun pertama, September 2008 uang saya berkurang 23 juta).
Waktu
saya tanyakan kepada salesnya dia mengatakan ini kan investasi jangka
panjang. Saya harus menunggu. Bahkan tanpa rasa bersalah dia bilang saat
ini saat yang tepat untuk top up (menambah setoran).
Padahal di
dalam tabel ilustasi untuk bunga yang paling rendah pun tahun pertama
saya masih mendapat keuntungan sekitar 5-10 juta. Benar-benar 'arisan
lebaran'. Bukannya dapat untung malahan uang pokoknya pun hilang.
Ketiga.
yang paling menyakitkan saya adalah saya berpikir untuk menarik semua
uang saya yang ada di prudential tetapi harga unit yang sekarang sangat
rendah. Di satu sisi, kalau saya menarik uang saya sekarang saya rugi
banyak. Di sisi lain, prudential tanpa pertimbangan apa-apa tetap harus
memotong 10 juta lagi untuk tahun kedua.
Tanpa rasa bersalah
Prudential mengirimkan saya formulir untuk saya tandatangani bahwa uang
saya akan dipotong lagi 10juta untuk tahun kedua. Kalau saya tidak
membayar 10 juta itu dalam jangka waktu 1 bulan otomatis polis saya
dinyatakan tidak berlaku dan uang pertanggungan tidak akan dibayar.
Hati-hati
dengan janji-janji muluk yang ditawarkan oleh Prudential melalui
sales-salesnya. Saya yakin pelanggan Prudential yang lain juga banyak
yang tidak tahu tentang hal ini. Mereka cuma disodorkan tabel. Oh, nanti
uangnya di tahun ke berapa jadi beberapa ratus juta atau berapa miliar.
Selain
itu saya juga dapati bahwa biaya asuransi Prudential jauh lebih tinggi
dibandingkan dengan asuransi lain. Kita tidak pernah memperhatikan hal
itu karena yang disodorkan ke customer cuma ya investasinya pasti
menguntungkan. Uangnya jadi berapa gitu.
Saya tahu bahwa
investasi bisa untung bisa rugi. Tapi, mana nama besar Prudential yang
katanya menjamin kepuasan pelanggan. Mendapat customer satisfaction
award lagi. Katanya tim investasi berpengalaman tapi tidak bisa
mendatangkan keuntungan malahan minus (minusnya banyak banget lagi).
Kalau
tahu begini mending uangnya saya simpan saja di bawah bantal. Apa
bedanya prudential dengan beberapa perusahaan investasi fiktif yang
melarikan uang customernya atau 'Arisan Lebaran'? Saya menuntut
Prudential untuk mengembalikan uang saya.
Suryanto
Citra Jakarta
surya_ok@yahoo.com
02132239900
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar apa saja.