Mengabarkan Tentang Sesuatu Untuk Kita

Laman

Transfer Uang Elektronik Antar Operator Selular

Sejak tahun 2007 lalu, gerakan transaksi non tunai sudah dimulai oleh operator selular dengan diluncurkannya electronic money atau uang elektronik yang dilanjutkan dengan peluncuran layanan jasa pengiriman uang pada tahun 2008 oleh tiga operator selular, yaitu Telkomsel melalui layanan T-Cash, Indosat melalui layanan Dompetku dan XL Axiata dengan layanan XL-Tunai. Hingga saat ini jumlah pelanggan uang elektronik mencapai sekitar 13 jutaan didukung oleh lebih dari 50.000-an titik cash
point. Dan yang aktif menggunakan layanan uang elektronik ini secara lengkap baru sekitar 6% saja, misalkan Telkomsel, secara nasional baru sekitar 13 jutaan pelanggan atau 10 persen dari total pelanggan yang ada. Sedangkan, XL baru tercatat 600 ribu, dan Indosat 300 ribu penggunaan layanan uang elektronik (e-money). Rendahnya tingkat penggunaan uang elektronik ini antara lain disebabkan oleh ekosistem yang masih belum terbentuk di masyarakat, selain itu layanan uang elektronik ini juga masih terbatas untuk masing-masing pelanggan operator dan edukasi ke m

Kondisi inilah yang mendorong ketiga operator selular besar di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata sepakat bersama-sama meluncurkan layanan pengiriman uang elektronik lintas operator selular. Dengan adanya layanan pengiriman uang elektronik lintas operator ini, maka seluruh pelanggan tiga operator tersebut, yang total berjumlah 230 juta pelanggan, dapat saling melakukan transaksi pengiriman uang. Contohnya, pelanggan TCASH (Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) maupun ke pelanggan Dompetku (Indosat). Begitu pula sebaliknya. Hal ini pertama kalinya di dunia bisa dilakukan. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia dengan  meningkatkan percepatan  layanan uang elektronik, menambah jalur distribusi, meningkatkan trafik SMS secara eksponensial, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketiga operator dalam mengembangkan layanan pengiriman uang elektronik. Di samping, itu kolaborasi ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Bank Indonesia dalam rangka mengembangkan program less cash society. Adapun manfaat yang bisa dinikmati oleh pengguna selular dengan layanan Layanan E-money Interoperability (P2P Transfer) atau Layanan Pengiriman Uang Elektronik Lintas Operator ini diantaranya yaitu :

1. Pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel dan secara tidak langsung

2. Meningkatkan “customer experience” dan loyalitas pelanggan, terutama di era digital sekarang ini.


Telkomsel
Untuk semua pelanggan Telkomsel baik kartuHALO, simPATI maupun kartuAS dapat menikmati layanan TCASH hanya dengan menghubungi *828*1#, maka secara otomatis account TCASH Anda akan diaktifkan. Untuk dapat bertransaksi, Isi saldo TCASH Anda terlebih dahulu di GraPARI, GeraiHALO, Indomaret, ATM bersama dan merchant TCASH yang bertanda khusus. Pelanggan yang telah memiliki saldo TCASH dapat segera bertransaksi melalui ponsel dengan cara mengirimkan SMS ke 2828 atau akses menu TCASH di *828#. Transaksi yang dapat dilakukan yaitu melakukan pembayaran tagihan kartu HALO, Telkomvision, PLN, PDAM, dan Speedy. Melakukan pembelian di minimarket, restaurant ataupun toko toko lainnya. Dan tentu saja melakukan transfer atau kirim uang. Untuk transfer uang elektronik melalui operator Telkomsel yaitu dengan cara Pilih layanan Kirim Uang kemudian ketik sms TRF<'spasi>Nomor Tujuan <'spasi> Nominal <'spasi> PIN <'spasi> BERITA kirim ke 2828.

XL
Untuk bisa melakukan pengiriman uang elektronik melalui XL Tunai, pelanggan harus menggunakan nomor XL yang sudah terdaftar untuk XL Tunai. Bagi pelanggan yang belum mendaftar, bisa mendatangi XL Centre ataupun Agen Pulsa bertanda XL Tunai di seluruh Indonesia dan mengisi formulir pendaftaran serta menyerahkan fotokopi KTP untuk dapat mengirim dan mencairkan uang dengan menggunakan XL Tunai. Sementara penerima kiriman dana, nomor ponselnya tidak harus terdaftar di XL Tunai. Untuk pelanggan operator lain juga harus menyesuaikan dengan ketentuan di operatornya. Untuk proses transfer dapat dilakukan dengan mengakses *123*120# > masuk menu kirim uang > Pilih kirim ke operator lain > Pilih operator Telkomsel T-Cash atau Indosat Dompetku > Masukkan Nomor HP yang tujuan > Masukkan Jumlah yang akan dikirimkan > Masukkan PIN > Konfirmasi dengan memasukan Random Code > Tunggu konfirmasi berupa notifikasi SMS.

Indosat

Pelanggan Indosat dapat menikmati layanan Dompetku yang merupakan adalah layanan uang elektronik untuk melakukan berbagai transaksi keuangan seperti pembayaran tagihan, pengisian pulsa, pembelian barang di mitra kerjasama, bahkan pengiriman uang sekalipun. Cukup melalui ponsel jenis apapun, kapan saja dan dimana saja tanpa perlu membawa uang tunai. Untuk melakukan Registrasi atau pendaftaran dapat dilakukan di Galeri Indosat, Outlet Indosat bertanda khusus, Via SMS dan aplikasi Dompetku atau tekan *789#. Untuk pengisian saldo dompetku juga dapat dilakukan di Galeri Indosat, Outlet Indosat bertanda  khusus, ATM, yaitu ATM jaringan Bersama, jaringan ALTO dan Prima juga di Alfamart. Layanan Dompetku ini dapat digunakan untuk melakukan pembelian atau pembayaran dan tentu saja melakukan Transfer Uang. Untuk transfer antar pengguna Dompetku melalui SMS atau tekan*789# dan aplikasi Dompetku sedangkan untuk transfer Lintas Operator (XLTunai & T–cash Telkomsel) dapat dilakukan via SMS ketik P2P<spasi>Nomor tujuan<spasi>Nominal kirim ke 789. Selanjutnya akan diminta konfirmasi PIN : Yes<spasi>PIN, Jika setuju dan No<spasi>PIN jika batal. Atau tekan *789# > pilih menu transfer > pilih menu P2P transfer > masukkan PIN Anda > Masukkan nomor tujuan > masukan Nominal transfer.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Boleh komentar apa saja.

POSTING TERBARU

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

z

Tiket Pesawat Murah Ada: Disini

Sponsor

Sistema Enlaces Reciprocos
Code tukar link

Tampilan seperti ini: kabar berita