Sejak tahun 2007 lalu, gerakan transaksi non tunai sudah dimulai oleh
operator selular dengan diluncurkannya electronic money atau uang
elektronik yang dilanjutkan dengan peluncuran layanan jasa pengiriman
uang pada tahun 2008 oleh tiga operator selular, yaitu Telkomsel melalui
layanan T-Cash, Indosat melalui layanan Dompetku dan XL Axiata dengan
layanan XL-Tunai. Hingga saat ini jumlah pelanggan uang elektronik
mencapai sekitar 13 jutaan didukung oleh lebih dari 50.000-an titik cash
point. Dan yang aktif menggunakan layanan uang elektronik ini secara
lengkap baru sekitar 6% saja, misalkan Telkomsel, secara nasional baru
sekitar 13 jutaan pelanggan atau 10 persen dari total pelanggan yang
ada. Sedangkan, XL baru tercatat 600 ribu, dan Indosat 300 ribu
penggunaan layanan uang elektronik (e-money). Rendahnya tingkat
penggunaan uang elektronik ini antara lain disebabkan oleh ekosistem
yang masih belum terbentuk di masyarakat, selain itu layanan uang
elektronik ini juga masih terbatas untuk masing-masing pelanggan
operator dan edukasi ke m
Kondisi inilah yang mendorong ketiga
operator selular besar di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL
Axiata sepakat bersama-sama meluncurkan layanan pengiriman uang
elektronik lintas operator selular. Dengan adanya layanan pengiriman
uang elektronik lintas operator ini, maka seluruh pelanggan tiga
operator tersebut, yang total berjumlah 230 juta pelanggan, dapat saling
melakukan transaksi pengiriman uang. Contohnya, pelanggan TCASH
(Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai
(XL) maupun ke pelanggan Dompetku (Indosat). Begitu pula sebaliknya. Hal
ini pertama kalinya di dunia bisa dilakukan. Kolaborasi ini dimaksudkan
untuk mengembangkan dan memperluas jaringan layanan uang elektronik di
Indonesia dengan meningkatkan percepatan layanan uang elektronik,
menambah jalur distribusi, meningkatkan trafik SMS secara eksponensial,
serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketiga operator dalam
mengembangkan layanan pengiriman uang elektronik. Di samping, itu
kolaborasi ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Bank
Indonesia dalam rangka mengembangkan program less cash society. Adapun
manfaat yang bisa dinikmati oleh pengguna selular dengan layanan Layanan
E-money Interoperability (P2P Transfer) atau Layanan Pengiriman Uang
Elektronik Lintas Operator ini diantaranya yaitu :
1. Pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel dan secara tidak langsung
2. Meningkatkan “customer experience” dan loyalitas pelanggan, terutama di era digital sekarang ini.
Telkomsel
Untuk
semua pelanggan Telkomsel baik kartuHALO, simPATI maupun kartuAS dapat
menikmati layanan TCASH hanya dengan menghubungi *828*1#, maka secara
otomatis account TCASH Anda akan diaktifkan. Untuk dapat bertransaksi,
Isi saldo TCASH Anda terlebih dahulu di GraPARI, GeraiHALO, Indomaret,
ATM bersama dan merchant TCASH yang bertanda khusus. Pelanggan yang
telah memiliki saldo TCASH dapat segera bertransaksi melalui ponsel
dengan cara mengirimkan SMS ke 2828 atau akses menu TCASH di *828#.
Transaksi yang dapat dilakukan yaitu melakukan pembayaran tagihan kartu
HALO, Telkomvision, PLN, PDAM, dan Speedy. Melakukan pembelian di
minimarket, restaurant ataupun toko toko lainnya. Dan tentu saja
melakukan transfer atau kirim uang. Untuk transfer uang elektronik
melalui operator Telkomsel yaitu dengan cara Pilih layanan Kirim Uang
kemudian ketik sms TRF<'spasi>Nomor Tujuan <'spasi> Nominal
<'spasi> PIN <'spasi> BERITA kirim ke 2828.
XL
Untuk
bisa melakukan pengiriman uang elektronik melalui XL Tunai, pelanggan
harus menggunakan nomor XL yang sudah terdaftar untuk XL Tunai. Bagi
pelanggan yang belum mendaftar, bisa mendatangi XL Centre ataupun Agen
Pulsa bertanda XL Tunai di seluruh Indonesia dan mengisi formulir
pendaftaran serta menyerahkan fotokopi KTP untuk dapat mengirim dan
mencairkan uang dengan menggunakan XL Tunai. Sementara penerima kiriman
dana, nomor ponselnya tidak harus terdaftar di XL Tunai. Untuk pelanggan
operator lain juga harus menyesuaikan dengan ketentuan di operatornya.
Untuk proses transfer dapat dilakukan dengan mengakses *123*120# >
masuk menu kirim uang > Pilih kirim ke operator lain > Pilih
operator Telkomsel T-Cash atau Indosat Dompetku > Masukkan Nomor HP
yang tujuan > Masukkan Jumlah yang akan dikirimkan > Masukkan PIN
> Konfirmasi dengan memasukan Random Code > Tunggu konfirmasi
berupa notifikasi SMS.
Indosat
Pelanggan
Indosat dapat menikmati layanan Dompetku yang merupakan adalah layanan
uang elektronik untuk melakukan berbagai transaksi keuangan seperti
pembayaran tagihan, pengisian pulsa, pembelian barang di mitra
kerjasama, bahkan pengiriman uang sekalipun. Cukup melalui ponsel jenis
apapun, kapan saja dan dimana saja tanpa perlu membawa uang tunai. Untuk
melakukan Registrasi atau pendaftaran dapat dilakukan di Galeri
Indosat, Outlet Indosat bertanda khusus, Via SMS dan aplikasi Dompetku
atau tekan *789#. Untuk pengisian saldo dompetku juga dapat dilakukan di
Galeri Indosat, Outlet Indosat bertanda khusus, ATM, yaitu ATM
jaringan Bersama, jaringan ALTO dan Prima juga di Alfamart. Layanan
Dompetku ini dapat digunakan untuk melakukan pembelian atau pembayaran
dan tentu saja melakukan Transfer Uang. Untuk transfer antar pengguna
Dompetku melalui SMS atau tekan*789# dan aplikasi Dompetku sedangkan
untuk transfer Lintas Operator (XLTunai & T–cash Telkomsel) dapat
dilakukan via SMS ketik P2P<spasi>Nomor tujuan<spasi>Nominal
kirim ke 789. Selanjutnya akan diminta konfirmasi PIN :
Yes<spasi>PIN, Jika setuju dan No<spasi>PIN jika batal. Atau
tekan *789# > pilih menu transfer > pilih menu P2P transfer >
masukkan PIN Anda > Masukkan nomor tujuan > masukan Nominal
transfer.
0 komentar:
Posting Komentar
Boleh komentar apa saja.